Saturday, 26 Jumadil Akhir 1443 / 29 January 2022

Saturday, 26 Jumadil Akhir 1443 / 29 January 2022

Hattrick Ciro Alves Bawa Persikabo Tekuk Persela

Sabtu 27 Nov 2021 17:39 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto

Striker Persikabo Ciro Alves (kedua kanan) melakukan selebrasi setelah mencetak gol.

Striker Persikabo Ciro Alves (kedua kanan) melakukan selebrasi setelah mencetak gol.

Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya
Berkat kemenangan ini, Persikabo kian menjauh dari zona degradasi.

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Persikabo 1973 sukses menaklukkan Persela Lamongan, 4-2, dalam laga pada pekan ke-14  Liga 1, Sabtu (27/11) petang WIB. Kemenangan meyakinkan Persikabo ini tidak terlepas dari torehan hattrick penyerang asal Brasil, Ciro Alves.

Berkat kemenangan ini, Persikabo kian menjauh dari zona degradasi dan naik satu peringkat ke posisi 12 klasemen sementara Liga 1. Laskar Padjajaran mengemas 15 poin dari 14 laga dan hanya tertinggal satu poin dari peringkat ke-11, yang dihuni PSS Sleman.

Baca Juga

Di sisi lain, kegagalan memetik poin di laga ini membuat Persela masih tertahan di peringkat ke-15 atau terpaut satu peringkat dari zona degradasi. Laskar Joko Tingkir hanya unggul dua poin dari penghuni posisi ke-16 klasemen sementara, Persik Kediri.

Kedua tim langsung jual-beli serangan begitu laga di Stadion Sultan Agung, Bantul, resmi dimulai. Persela menjadi tim pertama di laga ini yang mampu memecah kebuntuan, tepatnya pada pada menit ke-14. Berawal dari umpan lambung yang diarahkan ke depan kotak penalti Persikabo, Ivan Carlos mencatatkan namanya di papan skor.

Penyerang asal Brasil itu berhasil memenangi duel udara dengan salah satu pemain bertahan Laskar Padjajaran. Bola hasil tandukan Ivan Carlos itu kemudian melayang melewati penjaga gawang Persikabo, Teddy Setiawan, yang berdiri tidak dalam posisi yang tepat.

Persikabo, yang hanya berjarak dua peringkat dari zona degradasi, langsung berupaya membalas. Hasilnya, Manahati Lestusen sukses menyamakan kedudukan via gol sundulan. Lestusen memanfaatkan bola liar hasil dari sepak pojok pada menit ke-33.

Meski tertinggal lebih dulu, Laskar Padjajaran justru mampu berbalik unggul saat babak pertama tinggal menyisakan lima menit. Sebuah sodoran umpan langsung Lestusen mengawali gol kedua Persikabo di laga ini.

Umpan langsung Lestusen itu disambut oleh Ciro Alves yang tengah berlari menuju kotak penalti. Dengan dua sentuhan, Ciro Alves melewati adangan pemain bertahan Persela dan kemudian melepaskan sepakan terarah ke pojok kiri bawah gawang. Bola pun mendarat mulus ke gawang Persela.

Babak pertama di laga ini terbukti menjadi milik Laskar Padjajaran. Kendati begitu, keunggulan di babak pertama yang ditorehkan tim besutan Liestiadi hanya bisa bertahan selama delapan menit pada babak kedua.

Lewat kecepatan dan penyelesaian sempurna Riyatno Abiyoso, Laskar Joko Tingkir bisa menyamakan kedudukan. Umpan lambung dari tengah lapangan berhasil disongsong Abiyoso di sebelah kanan pertahanan Persikabo.

Sembari melewati penjagaan salah satu pemain bertahan Persikabo, Abiyoso langsung merangsek dan melepaskan sepakan kaki kiri tanpa bisa dihalau kiper Tedi Heri. Ciro Alves terbukti menjadi momok buat lini belakang Persela di laga ini.

Penyerang asal Brasil itu mencetak gol keduanya di laga ini sekaligus membawa Laskar Padjajaran kembali unggul pada menit ke-81. Ciro Alves berhasil memaksimalkan kesalahan fatal kiper Revi Murdianto, yang menggantikan Dwi Kuswanto pada jeda antarbabak. Murdianto gagal menghalau laju bola di dalam kotak penalti.

Ciro Alves kemudian berhasil menyambar bola dan mengarahkan ke gawang yang kosong. Gol ini ternyata bukan gol terakhir yang dicetak Ciro Alves di laga ini. Pemain berusia 32 tahun itu melengkapi performa apiknya di laga ini dengan gol ketiganya pada menit ke-89.

Merangsek dari sisi kanan pertahanan Persela, Ciro Alves berhasil melewati hadangan satu pemain bertahan Laskar Joko Tingkir. Dari sudut sempit, Ciro Alves kemudian melepaskan sepakan terarah ke pojok kiri bawah gawang Laskar Joko Tingkir.

Gol ketiga Alves tersebut sekaligus menyudahi perlawanan Persela di laga ini. Hattrick Alves mengantarkan Laskar Padjajaran membekuk Persela, 4-2, sekaligus mengantarkan tim besutan Iwan Setiawan itu memetik kemenangan perdana dalam enam laga terakhir. Sementara buat Persela, ini menjadi kekalahan keempat secara beruntun dari enam laga terakhir.

Susunan Pemain:

Persikabo 1973 (4-4-2)

Pelatih: Liestiadi

Kiper: Setiawan Belakang: Setyo, Andika, Shumeyko, Ginarsa Tengah: Ciro Alves, Ariyanto, Triaji, Lestusen Depan: Drajad, Bayauw

Persela Lamongan (4-4-2)

Pelatih: Iwan Setiawan

Kiper: Kuswanto Belakang: Risaldi, Muliadi, Zaenuri, Walida Tengah: Abiyoso, Bustomi, Syahroni, Nasir Depan: Coleho, Sharza.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA