Thursday, 18 Syawwal 1443 / 19 May 2022

Jumlah Masjid tak Sebanding dengan Populasi Muslim

Jumat 26 Nov 2021 15:02 WIB

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil

Jumlah Masjid tak Sebanding Dengan Populasi Muslim. Foto: MENARA MASJID

Jumlah Masjid tak Sebanding Dengan Populasi Muslim. Foto: MENARA MASJID

Foto: Republika/Yogi Ardhi
Populasi umat Muslim di dunia terus mengalami peningkatan.

REPUBLIKA.CO.ID, DHAHRAN -- Populasi umat Muslim di dunia terus mengalami peningkatan. Akan tetapi jumlah masjid di tiap negara belum dapat mengimbangi pertumbuhan populasi Muslim. Peserta konferensi internasional yang diadakan Pusat Kebudayaan Dunia King Abdul Aziz, Dhahran merilis bahwa jumlah masjid di seluruh dunia ada sebanyak 3,6 juta masjid. Menurut berbagai pusat pengkajian Islam,  jumlah masjid baru yang dibangun di berbagai negara juga tidak mengimbangi peningkatan populasi Muslim di dunia.

Pew Research Center misalnya menyebut bahwa jumlah Muslim di seluruh dunia akan tumbuh menjadi 2,76 miliar, atau  29,7 persen dari populasi dunia pada tahun 2050. Salah satu negara yang membutuhkan banyak masjid baru adalah Prancis, di mana hanya ada 2.300 masjid yang melayani lebih dari tujuh juta Muslim.

Baca Juga

Jumlah masjid di Amerika Serikat meningkat 31 persen menjadi 2.769 antara tahun 2010 dan 2020, itu didorong oleh pertumbuhan populasi Muslim yang stabil.

"Ini merupakan peningkatan 31 persen dari jumlah tahun 2010 sebanyak 2.106,l. Tidak diragukan lagi, kekuatan pendorong utama untuk peningkatan masjid adalah ekspansi stabil populasi Muslim di Amerika karena imigrasi dan tingkat kelahiran. Masjid Amerika 2020: Tumbuh dan Berkembang," dalam rilis laporan itu seperti dilansir TRT World pada Jumat (26/11).

Sponsor utama survei ini adalah Islamic Society of North America (ISNA), Center on Muslim Philanthropy, Institute for Social Policy and Understanding (ISPU) dan Association of Statisticians of American Religious Bodies (ASARB).

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA