Monday, 2 Jumadil Awwal 1443 / 06 December 2021

Monday, 2 Jumadil Awwal 1443 / 06 December 2021

Liverpool Bungkam Porto 2-0 di Anfield

Kamis 25 Nov 2021 04:55 WIB

Red: Bayu Hermawan

Pemain Liverpool Alex Oxlade-Chamberlain (kiri) berebut bola dengan pemain Porto Zaidu Sanusi (kanan) pada pertandingan fase Grup B Liga Champions di Stadion Anfield, Kamis (25/11) dini hari WIB.

Pemain Liverpool Alex Oxlade-Chamberlain (kiri) berebut bola dengan pemain Porto Zaidu Sanusi (kanan) pada pertandingan fase Grup B Liga Champions di Stadion Anfield, Kamis (25/11) dini hari WIB.

Foto: EPA
Liverpool mengalahkan Porto dengan skor 2-0 di Stadion Anfield.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Liverpool masih perkasa di Grup B Liga Champions. Pada pertandingan kelima fase Grup, Liverpool mengalahkan Porto dengan skor 2-0 dalam pertandingan yang digelar di Stadion Anfield, Kamis (25/11) dini hari.

Liverpool melakukan perubahan pada susunan pemain dalam menghadapi Porto. Pelatih Liverpool Juergen Klopp menurunkan Takumi Minamino di lini depan. Di lini tengah, Klopp memberikan kepercayaan pada pemain muda Morton untuk tampil di Liga Champions. 

Baca Juga

Begitu juga di lini belakang yang mengistirahatkan Alexander Arnold dan Van Dijk dan memasukan Konate serta Neco Williams. Sementara Porto, nyaris tampil dengan kekuatan penuh untuk merebut tiga poin penting dari Anfield.

Mengusung misi wajib menang, Porto langsung tampil menekan. Beberapa kali lini belakang Liverpool mampu ditembus oleh barisan penyerang Porto yang dimotori Luis Diaz. Namun, belum ada serangan yang benar-benar membahayakan gawang Alisson.

Sementara Liverpool seperti biasa merespon dengan serangan cepat dari sayap. Pada menit ke-25, Porto harus kehilangan pemain belakang veteran mereka, Pepe, yang mengalami cedera. Jual beli serangan terjadi sepanjang babak pertama.

Liverpool nyaris mencetak gol keunggulan lewat Sadio Mane pada menit ke-36. Namun sayang, VAR menyatakan Mane telah terlebih dulu terjebak offside sebelum menerima umpan dari Thiago.

Meski kedua tim sama-sama mencetak sejumlah peluang namun tak ada gol yang tercipta sepanjang babak pertama. Babak pertama usai dengan skor 0-0. Statistik menunjukan Liverpool dominan dalam penguasaan bola dengan 56 persen berbanding 44 persen. Namun, Porto yang lebih sering melakukan percobaan tembakan ke gawang Liverpool.

Di babak kedua, Porto yang membutuhkan kemenangan kembali melakukan inisiatif menyerang. Namun, Liverpool yang berhasil mencetak gol keunggulan pada menit ke-51. Berawal dari tendangan bebas di sisi kanan kotak penalti Porto, bola tidak berhasil dibuang dengan sempurna oleh pemain Porto.

Thiago yang menerima bola muntah kemudian melepaskan tembakan terukur dari luar kotak penalti ke pojok kanan gawang Porto. Liverpool 1-0 Porto.

Unggul 1-0, Liverpool semakin bermain tanpa beban, sementara Porto semakin terasa tertekan. Pada menit ke-62, Liverpool kembali berhasil mengetarkan gawang Porto. Namun, gol dari Minamino dianulir karena pemain itu sudah terlebih dulu terjebak offside.

Porto yang tidak bisa keluar dari tekanan Liverpool kembali tertinggal, setelah Mohamed Salah mencetak gol kedua untuk Liverpool. Berawal dari umpan panjang dari lini belakang, Salah yang menerima bola melakukan umpan 1-2 dengan Jordan Henderson yang masuk menggantikan Thiago. 

Baca juga : Babak Pertama, Sporting Unggul 2-0 Atas Dortmund

Salah kemudian mengocek beberapa pemain belakang Porto, sebelum melepaskan tembakan ke pojok gawang Porto. Liverpool 2-0 Porto.

Klopp kemudian menarik Salah, Mane dan Tsimikas dan memasukan Origi, Fabinho, dan Robertson. Klopp juga menarik Chamberlain dan memasukan Milner.

Sementara Porto melakukan pergantian pemain Taremi, Oliveira dan memasukan Conceisao, Ferreira. Selain itu, Uribe dan  Evanilson juga ditarik keluar dan digantikan dengan Grujic dan Martinez.

Unggul 2-0, Liverpool menurunkan tempo permainan dan lebih banyak melakukan ball possesion. Hingga babak kedua berakhir, tak ada tambahan gol, Liverpool menang 2-0 atas Porto.

Berikut susunan pemain kedua tim;

Liverpool:

Alisson (GK), Williams, Matip, Konate, Tsimikas, Morton, Thiago, Oxlade-Chamberlain, Mane, Salah, Minamino.

Cadangan: Adrian, Kelleher, Fabinho, Van Dijk, Milner, Henderson, Jota, Robertson, Origi, Phillips, Alexander-Arnold.

Porto:

Diogo Costa (GK), Mario, Pepe, Mbemba, Sanusi, Otavio, Uribe, Oliveira, Diaz, Evanilson, Taremi.

Cadangan: Marchesin, Cardoso, Conceicao, Eduardo Pepe, Grujic, Corona, Manafa, Vitinha, Wendell, Bruno Costa, Martinez, Vieira. 

Baca juga : Ridwan Kamil Izinkan Namanya Jadi Merek Produk UMKM

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA