Wednesday, 7 Zulhijjah 1443 / 06 July 2022

Ketika Kaum Musyrik Makkah Membunuh Anak Mereka

Rabu 24 Nov 2021 13:03 WIB

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah

Ketika Kaum Musyrik Makkah Membunuh Anak Mereka

Ketika Kaum Musyrik Makkah Membunuh Anak Mereka

Foto: Pixabay
Kaum musyrik Makkah membunuh anak mereka sendiri karena takut miskin.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kaum musyrik di Makkah menyembah berhala dan membunuh anak-anak mereka sendiri dengan alasan untuk berqurban. Padahal mereka membunuh anak-anaknya sendiri karena takut miskin dan ketakutan-ketakutan lainnya.

Hal ini dijelaskan dalam Surah Al-An'am Ayat 137 dan tafsirnya.

Baca Juga

وَكَذٰلِكَ زَيَّنَ لِكَثِيْرٍ مِّنَ الْمُشْرِكِيْنَ قَتْلَ اَوْلَادِهِمْ شُرَكَاۤؤُهُمْ لِيُرْدُوْهُمْ وَلِيَلْبِسُوْا عَلَيْهِمْ دِيْنَهُمْۗ وَلَوْ شَاۤءَ اللّٰهُ مَا فَعَلُوْهُ فَذَرْهُمْ وَمَا يَفْتَرُوْنَ

Dan demikianlah berhala-berhala mereka (setan) menjadikan terasa indah bagi banyak orang-orang musyrik membunuh anak-anak mereka, untuk membinasakan mereka dan mengacaukan agama mereka sendiri. Dan kalau Allah menghendaki, niscaya mereka tidak akan mengerjakannya. Biarkanlah mereka bersama apa (kebohongan) yang mereka ada-adakan. (QS Al-An'am: 137).

Tafsir Kementerian Agama menerangkan, dalam ayat ini Allah menjelaskan bagaimana sewenang-wenangnya para pemimpin dan pemuka agama kaum musyrik Makkah, dengan menganjurkan kepada pengikutnya agar tidak segan membunuh anak-anak perempuan mereka sendiri dengan alasan yang tidak jelas dan sulit dimengerti.

Padahal membunuh anak perempuan sendiri itu bertentangan dengan naluri manusia, dan bertentangan pula dengan cita-cita pembinaan keluarga yang harmonis. Dengan sendirinya bertentangan dengan pembinaan umat yang kukuh dan kuat, karena kukuh dan kuatnya suatu umat tergantung kepada kuat dan kukuhnya keluarga-keluarga yang membentuk umat tersebut.

Anjuran mereka membunuh anak itu hanya berdasarkan tiga hal. Pertama, karena kemiskinan atau takut akan ditimpa kemiskinan. Hal ini diterangkan Allah dalam firman-Nya, "Janganlah membunuh anak-anakmu karena miskin. Kamilah yang memberi rezeki kepadamu dan kepada mereka." (QS Al-An'am: 151)

 

 

Dalam firman-Nya yang lain, "Dan janganlah kamu membunuh anak-anakmu karena takut miskin. Kamilah yang memberi rezeki kepada mereka dan kepadamu. Membunuh mereka itu sungguh suatu dosa yang besar." (QS Al-Isra: 31)

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA