Tuesday, 9 Rajab 1444 / 31 January 2023

3 Amalan Saat Berziarah ke Makam Nabi Muhammad SAW

Rabu 24 Nov 2021 07:40 WIB

Rep: Alkhaledi Kurnialam/Rossi Handayani/ Red: Ani Nursalikah

3 Amalan Saat Berziarah ke Makam Nabi Muhammad SAW. Umat Islam beribadah di area saf Raudhatun Jannah/Raudhah (Taman Surga) di Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi, Senin (6/5/2019).

3 Amalan Saat Berziarah ke Makam Nabi Muhammad SAW. Umat Islam beribadah di area saf Raudhatun Jannah/Raudhah (Taman Surga) di Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi, Senin (6/5/2019).

Foto: Antara/Aji Styawan
Makam Nabi Muhammad SAW berada di dalam Masjid Nabawi.

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Alkhaledi Kurnialam, Rossi Handayani

MADINAH -- Mengunjungi kota suci Madinah, Arab Saudi membawa kedamaian dan berkah di hati seorang Muslim. Saat berkunjung ke sana, satu tempat yang paling penting dikunjungi adalah Masjid Nabawi di mana terdapat makam Nabi Muhammad SAW.

Baca Juga

Sangat dianjurkan bagi orang yang mengunjungi Madinah berdoa di masjid Nabi, mengunjungi makamnya dan mengirim salam kepadanya. Beberapa amalan juga dianjurkan untuk dilakukan saat berkunjung ke makam Nabi. 

Beberapa amalan dijelaskan oleh Syekh Ibn ‘Utsaimin dalam Manaasik al-Hajj wa’l-‘Umrah, seperti dilansir dari About Islam sebagai berikut.

 

Mengucap salam 

Seorang yang berziarah ke makam Nabi harus berdiri di depan makam Nabi dan berkata, “Assalaamu 'alayka ayyuhanabiyyu wa rahmatullaahi wa barakaatuh (Salam bagimu, wahai Nabi, dan rahmat dan berkah Allah).”

Jika dia ingin menambahkan kalimat baik lain maka tidak mengapa, seperti mengatakan:

“Assalaamu ‘alayka ya khaliillulaah wa amiinahu ‘ala wahyihi wa khiirotahu min kholqihi, asyhadu annaka qad ballaghta arrisaalah wa addayta al-amaanah wa nasahta al-ummah wa jaahadta fillah,”

Artinya: Assalamu'alaikum wahai sahabat dekat Allah, yang dengannya Dia menitipkan wahyu-Nya dan yang Dia pilih dari antara makhluk-Nya. Saya bersaksi bahwa Anda menyampaikan pesan, memenuhi amanah, dengan tulus menasihati umat dan berjuang dengan sekuat tenaga karena Allah).

Tetapi jika dia membatasi dirinya pada salam pertama, itu baik. Ibn 'Umar biasa mengatakan: "Assalaamu 'alayka ya Rasulallah, assalaamu ‘alayka ya Aba Bakr, assalaamu 'alayka ya abati (Wahai ayahku)," lalu dia akan pergi.

photo
Pengunjung berjalan dengan latar kubah hijau yang menjadi lokasi makam Nabi Muhammad SAW, Abu Bakar as Siddiq, dan Umar bin Kattab di Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi, Senin (6/5/2019). - (Antara/Aji Styawan)
 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA