Saturday, 27 Syawwal 1443 / 28 May 2022

LPS: Sejak Tengah 2021, Kredit Bank Tumbuh Membaik

Senin 22 Nov 2021 21:59 WIB

Rep: Novita Intan/ Red: Fuji Pratiwi

Logo Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). LPS menyebut pertumbuhan kredit perbankan mulai membaik sejak pertengahan 2021.

Logo Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). LPS menyebut pertumbuhan kredit perbankan mulai membaik sejak pertengahan 2021.

Foto: Antara/Audy Alwi
ini adalah masa awal dari pemulihan yang semakin pasti.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) optimistis pertumbuhan kredit perbankan semakin membaik. Hal ini terlihat dari penyaluran kredit perbankan tumbuh 2,21 persen pada September 2021. 

Ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudhi Sadewa mengatakan, intermediasi perbankan yang mengalami pertumbuhan positif selama empat bulan terakhir sejak Juni 2021. Hal ini terjadi dari sisi kredit konsumsi, modal kerja, maupun investasi. 

Baca Juga

"Mungkin masih di kisaran angka tunggal, tapi ini adalah masa awal dari pemulihan yang semakin pasti. Saya yakin, ke depan pertumbuhan kredit akan semakin cepat lagi," ujar Purbaya saat webinar Economic Outlook 2022, Senin (22/11).

Purbaya menyebut pulihnya aktivitas ekonomi dan membaiknya tingkat keyakinan konsumen telah kembali mendorong deposan untuk menggunakan simpanannya untuk belanja dan berinvestasi. Menurut Purbaya, perbaikan likuiditas perbankan nasional tidak lepas dari upaya pemerintah yang secara aktif melakukan injeksi melalui aktivitas fiskal terutama sejak kuartal II 2020.

"Perkembangan positif dari pemulihan ekonomi tentu tidak terlepas dari adanya sinergi dan koordinasi kebijakan yang baik antara pemerintah bersama Kementerian Keuangan, BI, OJK, dan LPS yang tergabung di dalam Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK)," ucap dia.

 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA