Friday, 14 Muharram 1444 / 12 August 2022

4 Vitamin dan Nutrisi yang Dibutuhkan Semua Usia

Sabtu 20 Nov 2021 09:00 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah

Empat jenis vitamin dan nutrisi dibutuhkan tubuh manusia selama bertahun-tahun.

Empat jenis vitamin dan nutrisi dibutuhkan tubuh manusia selama bertahun-tahun.

Foto: PxHere
Empat jenis vitamin dan nutrisi dibutuhkan tubuh manusia selama bertahun-tahun.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada banyak hal yang berubah saat manusia menjalani fase kehidupan. Seseorang saat pertama kali memiliki bayi akan berbeda dengan ketika menuju usia senja.

Tetapi ketika berbicara tentang nutrisi sehat yang penting, itu tetap sama selama bertahun-tahun. Ada nutrisi tertentu yang selalu dibutuhkan untuk menjaga tulang tetap kuat, meningkatkan energi dan mempertajam otak. Kebiasaan cerdas seperti makan makanan utuh dapat membantu memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tubuh. 

Baca Juga

Berikut adalah nutrisi spesifik yang diperlukan bagi segala usia, seperti dikutip goodhousekeeping, Sabtu (20/11).

Vitamin D

“Vitamin D dikenal membantu menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat, jadi penting untuk mendapatkan cukup vitamin sepanjang hidup Anda,” kata Julie Upton, RD, salah satu pendiri Appetite for Health yang berbasis di San Francisco Bay Area. 

Seiring bertambahnya usia, orang sebaiknya menggabungkan vitamin D dengan kalsium (seperti susu), karena keduanya bekerja sama untuk membantu menjaga kepadatan tulang dan melindungi dari osteoporosis.

“Vitamin D adalah vitamin sinar matahari, di mana tubuh akan memproduksinya ketika terkena paparan sinar matahari pada kulit telanjang,” kata dokter naturopati Erin Stokes, yang juga direktur medis untuk MegaFood. 

Tapi di musim gugur dan musim dingin, bisa jadi sulit untuk mendapatkan cukup vitamin D. Makanan seperti salmon, telur, keju, dan sereal yang diperkaya mengandung vitamin D, atau melalui suplemen jika diperlukan, dapat menjadi alternatif.

 

Vitamin B

Kelompok vitamin ini termasuk tiamin, riboflavin, B12, dan folat. Vitamin B terlibat dalam mengubah makanan menjadi energi dan sangat penting untuk sebagian besar fungsi tubuh.

Hal itu mulai dari melenturkan otot hingga mencerna karbohidrat. Ini sangat penting terutama bagi kehamilan karena folat dapat menangkal beberapa cacat lahir seperti spina bifida. 

Sayuran berdaun hijau, seperti bayam, adalah sumber folat yang sangat baik. Lalu juga brokoli, asparagus, dan kubis Brussel.  Makanan lain yang kaya vitamin B, di antaranya, kacang-kacangan, yogurt, biji bunga matahari, dan telur. 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA