Jumat 19 Nov 2021 03:46 WIB

Operasional Truk Fuso Kian Mudah Lewat Aplikasi Digital

Truk Fuso telah dilengkapi alat yang disebut sebagai runner guna memudahkan pelanggan

Tampak pimpinan KTB berpose di depan truk  Mitsubishi Fuso di GIIAS 2021
Foto: istimewa
Tampak pimpinan KTB berpose di depan truk Mitsubishi Fuso di GIIAS 2021

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Pandemi Covid-19 telah memberi pelajaran berharga bagi manusia  untuk mengeksplorasi dan memperluas ekosistem digital. Pandemi telah merubah pandangan dan visi bisnis manusia, termasuk di sektor transportasi komersial. 

Namun, sebelum pandemi merebak, pada 2017 Mitsubishi Fuso telah memasang sistem telematikanya sendiri yang disebut Runner.  Alat berguna bagi pelanggan untuk mengelola armada mereka, terutama selama PPKM. Runner dilengkapi GPS dan Engine Starter Kill yang memungkinkan pelanggan untuk memantau lokasi kendaraan dan situasi kendaraan seperti tekanan ban, sisa bahan bakar. 

Baca Juga

Dalam keadaan darurat, mereka dapat mengaktifkan fungsi Engine Starter Kill dari jarak jauh dengan memeriksa lokasi truk dengan GPS. "Semua truk Mitsubishi Fuso yang dijual sejak tahun 2017 telah dilengkapi dengan Runner dan sekarang 144.000 unit truk dengan Runner berada di jalan Indonesia,"kata Presiden Direktur PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors, Naoya "Rocky" Takai di sela pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show, GIIAS beberapa waktu lalu.

Bahkan kini Mitsubishi Fuso telah memperkenalkan aplikasi baru yang disebut Runner Driver. Aplikasi ini dibuat khusus bagi pengemudi truk untuk memantau pesanan pekerjaan, kondisi kendaraan, perilaku pengemudi dan laporan kinerja.

Mitsubishi Fuso secara serius melibatkan ekosistem digital dengan meluncurkan official store di Tokopedia dan Monotaro. Bertahun-tahun sebelumnya, ide menjual truk secara online di Indonesia tampaknya tidak rasional. Namun, karena situasi pandemi, ketergantungan kita pada teknologi digital menjadi sangat tinggi sehingga memungkinkan pembelian truk secara online. Hal ini terbukti dengan tercapainya penjualan lebih dari 1.000 truk Mitsubishi Fuso melalui Tokopedia sejak diluncurkan pada tahun 2020. Di satu sisi, hal itu mencerminkan perubahan kebiasaan pembelian masyarakat.Di booth GIIAS 2021, Mitsubishi Fuso juga menyediakan toko digital apabila pengunjung ingin membeli truk.

Sejalan dengan itu, Mitsubishi Fuso juga menyatakan kesiapannya untuk menyongsong regulasi Euro4 mulai 2022. Dengan DNA Mitsubishi Fuso yang kuat, terbukti berpengalaman di mesin Common Rail, dan peningkatan spek, Mitsubishi Fuso yakin varian Euro4-nya akan diterima pasar Indonesia. Mitsubishi Fuso berusaha sebaik mungkin untuk memastikan fase transisi dari Euro2 akan berjalan lancar dan akan didukung oleh 220 jaringan dealer terbesar di seluruh Indonesia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement