Kamis 18 Nov 2021 22:59 WIB

Menyantap Makanan Pedas tanpa Mengganggu Pencernaan

Sebagian orang mungkin alami masalah pencernaan saat makan pedas.

Sebagian orang mungkin alami masalah pencernaan saat makan pedas.
Foto: PxFuel
Sebagian orang mungkin alami masalah pencernaan saat makan pedas.

REPUBLIKA.CO.ID, 

Oleh: Farah Noersativa

Baca Juga

Makanan pedas kerap menggoda. Selain sensasi segar saat menyantapnya, rasa pedas membuat penikmatnya seperti 'ketagihan'. Namun, benarkah makanan pedas aman untuk disantap?

“Secara teknis makanan apapun yang dibumbui dengan rempah-rempah dari dapur bisa dianggap pedas. Banyak orang menganggap makanan pedas sebagai makanan panas, seperti hidangan yang dibuat dengan capsaicin atau jalapeo," kata Ahli Diet Nour Zibdeh, dilansir di laman Well and Good, Kamis (18/11). 

 

Sementara, penulis 'Saffron Soul' yang juga seorang koki Ayurveda, Mira Manek mengatakan, dia memasak dengan rempah-rempah yang dikenal dapat menambah sensasi panas pada makanan. Rempah-rempah seperti kunyit, jinten, dan jahe, memainkan peran penting dalam masakan Ayurveda. Namun, mereka sering dipasangkan dengan rempah-rempah lain untuk memberikan rasa lebih seimbang.

"Makanan pedas tidak harus berarti 'pedas'. Biji jinten, biji sesawi, biji ketumbar, semua ini rempah-rempah dan mereka dapat digunakan untuk menyeimbangkan rempah-rempah lain seperti jinten atau bubuk cabai merah," kata Manek.

Manek mengatakan, rempah-rempah mengandung antioksidan tinggi. Secara langsung hal itu terkait dengan kesehatan otak dan jantung.

Sementara Zibdeh mengatakan, sayuran dan rempah-rempah yang pedas telah dikaitkan secara ilmiah dengan meningkatkan metabolisme. Artinya, makanan pedas juga menunjukkan manfaat lain yang menyehatkan.

Namun Zibdeh menambahkan, ketika berbicara tentang makanan berbumbu tinggi, perlu mempertimbangkan baik dan buruknya makanan tersebut. Misalnya, makanan pedas bisa menyebabkan sakit perut, refluks asam, diare, atau masalah lain. Alasan tersebut bisa menjadi alasan untuk mengurangi menyantap makanan pedas.

Zibdeh mengatakan, ada alasan mengapa bumbu dan rempah-rempah tertentu dapat menyebabkan refluks asam, mulas, dan gangguan pencernaan pada orang. Sebab, rasa pedas bisa mengiritasi kerongkongan atau perut.

"Sekali lagi, tidak perlu memaksakan sesuatu yang tidak sesuai dengan Anda," jelas Zibdeh.

Zibdeh mengungkapkan, ada ratusan herbal lain yang bermanfaat sehingga tidak perlu mengkonsumsi jenis yang merugikan kesehatan. Jangan sampai makanan pedas mengiritasi sistem pencernaan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement