Jumat 19 Nov 2021 05:35 WIB

Muslim Watford Kerja Sama Kumpulkan Dana untuk Bantuan Covid

Maraton sepak bola 24 jam mengumpulkan lebih dari 11 ribu poundsterling.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Esthi Maharani
Pemuda Muslim berpartisipasi dalam maraton sepak bola 24 jam untuk mengumpulkan lebih dari 11 ribu poundsterling.
Foto: About Islam
Pemuda Muslim berpartisipasi dalam maraton sepak bola 24 jam untuk mengumpulkan lebih dari 11 ribu poundsterling.

IHRAM.CO.ID, WATFORD – Kelompok pemuda Muslim Watford, Inggris bekerja sama dengan Watford FC Community Trust and Railway Children mengumpulkan dana untuk persediaan darurat, seperti obat-obatan bagi mereka yang terdampak Covid-19. Pemuda Muslim berpartisipasi dalam maraton sepak bola 24 jam untuk mengumpulkan lebih dari 11 ribu poundsterling.

Acara yang berlangsung pada 13-14 November, dihadiri oleh legenda Watford Luther Blissett dan anggota parlemen Dean Russell. Selain itu, acara juga terbuka bagi semua orang. Sejauh ini, penggalangan dana sudah mengumpulkan 6.822 poundsterling.

Baca Juga

“Pemuda Muslim Ahmadi dan anggota komunitas lokal lainnya meluangkan waktu di akhir pekan untuk mencoba membantu mereka yang terdampak Covid-19,” kata Pemimpin Saaed Nazir, dilansir About Islam, Kamis (18/11).

Nazir menyebut ini adalah kesempatan besar bagi mereka yang ingin memenuhi kewajiban untuk mengikuti teladan Nabi Muhammad. Kepala Railway Children Jack Miller mengatakan dana yang terkumpul akan diberikan kepada anak-anak yang paling rentan di Inggris.

Allah berfirman dalam surat Al-Ma’idah ayat 32:

مِنْ اَجْلِ ذٰلِكَ ۛ كَتَبْنَا عَلٰى بَنِيْٓ اِسْرَاۤءِيْلَ اَنَّهٗ مَنْ قَتَلَ نَفْسًاۢ بِغَيْرِ نَفْسٍ اَوْ فَسَادٍ فِى الْاَرْضِ فَكَاَنَّمَا قَتَلَ النَّاسَ جَمِيْعًاۗ وَمَنْ اَحْيَاهَا فَكَاَنَّمَآ اَحْيَا النَّاسَ جَمِيْعًا ۗوَلَقَدْ جَاۤءَتْهُمْ رُسُلُنَا بِالْبَيِّنٰتِ ثُمَّ اِنَّ كَثِيْرًا مِّنْهُمْ بَعْدَ ذٰلِكَ فِى الْاَرْضِ لَمُسْرِفُوْنَ

“Oleh karena itu Kami tetapkan (suatu hukum) bagi Bani Israil, bahwa barangsiapa membunuh seseorang, bukan karena orang itu membunuh orang lain, atau bukan karena berbuat kerusakan di bumi, maka seakan-akan dia telah membunuh semua manusia. Barangsiapa memelihara kehidupan seorang manusia, maka seakan-akan dia telah memelihara kehidupan semua manusia. Sesungguhnya Rasul Kami telah datang kepada mereka dengan (membawa) keterangan-keterangan yang jelas. Tetapi kemudian banyak di antara mereka setelah itu melampaui batas di bumi.”

Terinspirasi oleh ayat itu, ribuan Muslim dari seluruh Inggris dalam beberapa bulan terakhir membantu mereka yang terdampak Covid-19. Berikut beberapa contoh upaya umat Islam di masa pandemi:

- Menteri kesehatan Inggris puji umat Islam atas upaya vaksinasi

- Imam yang membantu mendirikan klinik vaksin meninggal karena Covid-19

- Kelompok Muslim Inggris melawan hoaks vaksin Covid-19

- Imam masjid tertua di Inggris minta masyarakat divaksinasi

- Masjid sumbangkan makanan untuk rumah sakit dan pusat vaksinasi

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement