Sunday, 21 Syawwal 1443 / 22 May 2022

Doa untuk Pemuda Muslim Inggris Wafat Usai Selamatkan Wanita

Kamis 18 Nov 2021 09:56 WIB

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Nashih Nashrullah

Seorang pemuda Muslim gugur usai selematkan wanita tua di Inggris dari pembunuhan. Ilutrasi inggris

Seorang pemuda Muslim gugur usai selematkan wanita tua di Inggris dari pembunuhan. Ilutrasi inggris

Foto: Andi Rain/EPA-EFE
Seorang pemuda Muslim gugur usai selematkan wanita tua di Inggris dari pembunuhan

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON – Seorang pemuda Muslim Inggris meninggal dunia saat berusaha menyelamatkan nyawa seorang wanita tua. Atas aksi dan pengorbanannya, ia dipuji sebagai seorang pahlawan.

Pemuda yang dimaksud bernama Ali Abucar Ali, yang masih berusia 20 tahun. Ia dilaporkan turun tangan berusaha membantu Betty Walsh, yang berusia 82 tahun, saat mengalami penikaman dan dipukuli di London Barat, Jumat (12/11) lalu. 

Baca Juga

Dilansir di The London Economic, Kamis (18/11), Pria asal Somalia ini tengah mengenyam pendidikan di Universitas Kingston dan berada di Bretford ketika insiden itu terjadi. Beberapa jam sebelumnya, dia melatih sesi terakhirnya di Chiswick Gators Basketball Club. 

“Ali adalah individu paling tulus, setia, dan perhatian yang pernah saya temui dalam hidup saya,” ujar mantan pemain bola basket internasional junior yang mendirikan klub ini, Michael Kwentoh. 

Dia menambahkan, Ali bukanlah orang yang pantas menerima apa yang terjadi padanya saat itu. Kwentoh menggambarkan Ali sebagai sosok yang sangat polos dan murni. 

Lebih lanjut, Kwentoh mengatakan Ali melatih anak laki-laki antara usia enam dan 10 tahun. Selama pelatihan, Ali mampu membuat mereka merasa seperti bintang. "Dia hanya akan berusaha membuatmu percaya padamu lebih dari kamu percaya pada dirimu sendiri," lanjutnya. 

Pendiri klub ini lantas merencanakan akan membuat sebuah acara penghargaan untuk Ali, yang akan berlangsung di sebuah taman dekat lokasi insiden itu terjadi. 

“Saya akan melakukan yang terbaik seperti yang dilakukan Ali. Karena bahkan sebagai pria berusia 40 tahun, saya merasa dia mengajari saya banyak hal tentang kebaikan dan kesabaran,” ujar dia. 

Sementara itu, penggalangan dana halaman GoFundMe  untuk menghormati Ali telah mengumpulkan hampir 100 ribu pound sterling hanya dalam dua hari. Laman ini dibuat sebagai bentuk penghormatan atas kebaikan Ali. 

Di sisi lain, Betty Walsh, wanita yang dia selamatkan tetap berada di rumah sakit, setelah menjalani operasi ginjal. 

Menurut informasi terbaru, tersangka bernama Norris Henry muncul di Pengadilan Magistrat Uxbridge pada Senin (15/11). Pria berusia 37 tahun ini didakwa dengan pembunuhan Ali dan percobaan pembunuhan Walsh. 

Baca juga : Densus 88 Dalami Pendanaan Jamaah Islamiyah Sejak 2019

Sumber: thelondoneconomic

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA