Saturday, 27 Syawwal 1443 / 28 May 2022

Konvergensi Media Dorong Jurnalis Miliki Banyak Skill

Kamis 18 Nov 2021 08:09 WIB

Red: Ratna Puspita

Konvergensi media mendorong jurnalis untuk memiliki keterampilan atau skill di berbagai bidang seperti menulis, mengambil gambar baik berupa foto serta video. Ilustrasi

Konvergensi media mendorong jurnalis untuk memiliki keterampilan atau skill di berbagai bidang seperti menulis, mengambil gambar baik berupa foto serta video. Ilustrasi

Foto: MgIT03
Jurnalis di era konvergensi harus punya keterampilan teknik untuk mengambil gambar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Konvergensi media mendorong jurnalis untuk memiliki keterampilan atau skill di berbagai bidang seperti menulis, mengambil gambar baik berupa foto serta video. "Jurnalis di era konvergensi harus punya keterampilan teknik untuk mengambil gambar berupa foto serta video maupun merekam," ujar pakar jurnalisme digital dari Amerika Serikat Michael O'Connell dalam diskusi virtual "Dinamika Konvergensi Media Amerika" di Jakarta, Rabu (18/11).

Selain memiliki keterampilan menulis yang tajam dan mendalam, lanjut O'Connell, jurnalis masa kini harus bisa siaran langsung di berbagai media sosial seperti Facebook maupun Instagram. "Jurnalis harus bisa mempresentasikan kisah secara langsung. Anda harus nyaman berada di depan kamera dan melakukan wawancara narasumber di depan kamera," kata dia.

Baca Juga

Di samping itu, lanjut dia, jurnalis di era konvergensi harus memahami cara kerja media sosial. "Bagaimana menggunakan media sosial untuk memancing percakapan orang-orang. Bagaimana caranya membuat konten berita yang menarik di mesin pencarian Google," kata O'Connell.

Ia mengatakan jurnalis harus dapat memahami bagaimana membuat headline yang mampu menarik rasa ingin tahu pembaca. "Menciptakan headline yang memikat pembaca. Karena saat ini pembaca punya kendali kapan dan di mana mereka ingin mengonsumsi berita," kata O'Connell.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA