Rabu 17 Nov 2021 00:04 WIB

Jadwal Kualifikasi Piala Dunia, Penentuan Nasib Belanda

Tujuh pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa digelar Rabu dini hari WIB

Timnas Belanda (ilustrasi). Belanda akan menghadapi Norwegia dalam laga penentuan perebutan tiket langsung ke Piala Dunia 2022 Zona Eropa dari Grup G, Rabu (17/11) dini hari WIB.
Foto: EPA-EFE/Olaf Kraak
Timnas Belanda (ilustrasi). Belanda akan menghadapi Norwegia dalam laga penentuan perebutan tiket langsung ke Piala Dunia 2022 Zona Eropa dari Grup G, Rabu (17/11) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Tujuh pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa akan berlangsung pada Rabu (17/11) dini hari WIB. Dua dari tujuh pertandingan itu akan menentukan siapa yang lolos langsung mewakili Grup G, antara Belanda, Norwegia, atau Turki.

Sementara laga-laga lain juga menentukan tim mana yang akan lolos ke play-off Piala Dunia 2022. Berikut catatannya, dikutip dari AP, Selasa (16/11).

Baca Juga

GRUP G

Ini kesempatan kedua bagi Belanda untuk memastikan tempat pertama dan tiket otomatis berlaga di putaran final Piala Dunia 2022. Sebelumnya, Oranje membuang kesempatan setelah bermain imbang 2-2 kontra Montenegro, akhir pekan lalu. Kali ini, tim asuhan Louis van Gaal harus menang atau minimal imbang karena punya catatan selisih gol superior dari Turki yang menjadi pesaing. Kalah siap-siap menjadi penonton saat tim-tim lain beraksi di Qatar akhir tahun depan.

Belanda akan menutup kiprah di Grup G melawan Norwegia di Stadion Feyenoord, Rotterdam, di mana pertandingan akan dimainkan tanpa penonton menyusul naiknya kembali kasus Covid-19 di Belanda. Bek tengah Stefan de Vrij cedera melawan Montenegro dan absen, kemungkinan berarti Matthijs de Ligt akan ditempatkan di samping Virgil van Dijk. Di kubu Norwegia, bintang lini depan Erling Haaland juga absen karena cedera. 

Grup D

Prancis lolos sebagai juara grup, tapi masih harus ditentukan tim mana yang akan melaju ke babak play-off sebagai runner-up. Finlandia berada di tempat kedua, unggul dua poin dari Ukraina yang berada di urutan ketiga. Namun memiliki pertandingan yang lebih sulit di kandang karena akan melawan Prancis. Adapun Ukraina baertamu ke markas Bosnia dan Herzegovina. Finlandia memiliki selisih gol lebih unggul dari Ukraina dua, dengan itu bisa menjadi faktor penentu jika kedua tim finis dengan poin yang sama.

Grup E

Wales membutuhkan satu poin melawan Belgia yang sudah mengamankan tempat ke Watar. Jika mampu menahan seri Belgia, Wales finis kedua dan mendapatkan peluang bermain di kandang pada babak play-off tahun depan. Wales sudah yakin akan tempat di babak play-off karena mereka memenangkan grup UEFA Nations League. Wales berada di tempat kedua, lima poin di belakang Belgia dan tiga poin di atas Republik Ceko, yang menutup pertandingan grup di kandang melawan Estonia. Ceko memiliki selisih gol yang lebih rendah dua dibandingkan dengan Wales.

Jadwal Pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa

Rabu (16/11) pukul 02.45 WIB

Bosnia-Herzegovina vs Ukraina – Grup D

Finlandia vs Prancis – Grup D

Republik Ceko vs Estonia – Grup E

Wales vs Belgia – Grup E

Gibraltar vs Latvia – Grup G

Montenegro vs Turki – Grup G

Belanda vs Norwegia – Grup G

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement