Sunday, 28 Syawwal 1443 / 29 May 2022

6 Sholat Spesial yang Dilaksanakan di Waktu Istimewa 

Selasa 16 Nov 2021 08:06 WIB

Rep: Imas Damayanti/ Red: Nashih Nashrullah

Sholat sunnah pada dasarnya mempunyai banyak keutamaan. Sholat tahajud/ilustrasi

Sholat sunnah pada dasarnya mempunyai banyak keutamaan. Sholat tahajud/ilustrasi

Sholat sunnah pada dasarnya mempunyai banyak keutamaan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Sholat -sholat sunnah ragamnya sangat banyak dalam Islam. Mulai dari yang berdasarkan peristiwa, maupun yang berdasarkan waktu-waktu tertentu.

Imam Syafii dalam Fikih Manhaji menjabarkan sejumlah sholat -sholat  sunnah yang berdasarkan waktu tertentu.

Baca Juga

Pertama, tahiyyatul masjid. Sholat tahiyyatul masjid jumlahnya dua rakaat dan dilakukan sebelum duduk tiap kali masuk masjid. Dalilnya adalah hadits riwayat Imam Bukhari dan Imam Muslim 

إذا دخَل أحدُكم المسجدَ فلا يَجلِسْ حتى يصلِّيَ ركعتَين

 “Jika salah seorang dari kalian masuk masjid, maka jangan duduk sebelum sholat dua rakaat.”

Sholat tahiyyatul masjid juga dapat dilakukan dengan sholat  fardhu atau sholat  sunnah lain karena tujuannya adalah agar tidak langsung duduk ketika masuk masjid sebelum sholat dilangsungkan.

Kedua, witir. Sholat witir hukumnya adalah sunnah muakad. Disebut witir karena diakhiri dengan satu rakaat yang berbeda dengan sholat -sholat  lain. Imam At Tirmidzi dan lainnya meriwayatkan bahwa Sayyidina Ali berkata, “Sholat witir tidak harus seperti sholat wajib yang kalian lakukan, tapi Rasulullah SAW menyunahkannya.”

Adapun waktu sholat witir adalah setelah sholat  Isya hingga terbit fajar. Namun lebih baik menangguhkannya hingga menjadi akhir dari sholat malam. Hal ini sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW: 

إِنَّ الله أمَدَّكُمْ بِصَلاَةٍ هِيَ خَيرٌ لَكُمْ مِنْ حُمْرِ النَّعَمِ، قُلْنَا: وَمَا هِيَ يَا رَسُولَ الله؟ قالَ: الوِتْرُ مَا بَيْنَ صَلاَةِ العِشَاءِ إِلى طُلُوعِ الفَجْرِ

“Allah SWT menganugerahi kalian sebuah sholat  yang lebih baik daripada unta merah. Sholat itu adalah sholat witir yang waktunya Dia sediakan untuk kalian antara sholat Isya dengan terbitnya fajar.”

Baca juga: Sempat Kembali Ateis, Mualaf Adam Takjub Pembuktian Alquran

Imam Syafii menjelaskan bahwa sholat witir dikerjaan sebanyak satu rakaat tapi makruh jiha hanya melakukan itu. Sholat  witir yang sempurna setidaknya dilakukan tiga rakaat; dua rakaat digabung dan satu rakaat dipisah. Sedangkan sholat  witir yang paling sempurna adalah 11 rakaat, dikerjakan tiap dua rakaat salam dan ditutup dengan satu rakaat.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA