Friday, 14 Muharram 1444 / 12 August 2022

...

Ini 9 Negara yang Sudah Meraih Tiket ke Piala Dunia 2022

Senin 15 Nov 2021 16:11 WIB

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Endro Yuwanto

Pemain Serbia Aleksandar Mitrovic merayakan dengan rekan satu timnya setelah mencetak gol kedua timnya selama pertandingan sepak bola kualifikasi Grup A Piala Dunia 2022 antara Portugal dan Serbia di Stadion Luz di Lisbon, Ahad 14 November 2021. Serbia unggul 2-1 dan memastikan lolos ke putaran final Piala Dunia 2022 Qatar.

Pemain Serbia Aleksandar Mitrovic merayakan dengan rekan satu timnya setelah mencetak gol kedua timnya selama pertandingan sepak bola kualifikasi Grup A Piala Dunia 2022 antara Portugal dan Serbia di Stadion Luz di Lisbon, Ahad 14 November 2021. Serbia unggul 2-1 dan memastikan lolos ke putaran final Piala Dunia 2022 Qatar.

Foto: AP/Armando Franca
Tim besar seperti Portugal, Italia, Belanda, dan Argentina belum memastikan lolos.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Satu tahun menjelang kick-off Piala Dunia 2022 Qatar, terdapat sembilan negara yang sudah memastikan diri berada di pentas sepak bola terbesar sejagad itu. Wakil dari Benua Eropa mendominasi sejauh ini.

Spanyol dan Serbia menjadi dua negara teranyar Eropa yang meraih masing-masing satu tiket ke babak penyisihan. Spanyol dan Serbia menyusul Jerman, Belgia, Prancis, Denmark, Kroasia.

Baca Juga

Benua lainnya yang sudah memastikan lolos sejauh ini adalah Brasil dari Amerika Selatan dan tuan rumah Qatar yang mewakili Asia.

Spanyol berhasil menginjakkan kaki di Piala Dunia tahun depan setelah menumbangkan Swedia dengan skor tipis 1-0 pada laga penentu kualifikasi Grup B di Estadio La Cartuja, Sevilla, Senin (15/11) dini hari WIB. Alvaro Morata menjadi pahlawan dalam pertandingan itu lewat golnya di menit ke-86.

Tim berjuluk La Furia Roja itu lolos dengan status juara grup berkat 19 poin. Sementara sang lawan, Swedia, harus bertarung di babak play-off internasional karena hanya meraup 15 poin dan bertengger di urutan kedua.

Sementara di Grup A, Serbia berhasil lolos ke Piala Dunia dengan cara yang dramatis. Serbia berhasil mengalahkan Portugal lewat gol semata wayang di menit ke-90.

Sempat tertinggal lebih awal akibat gol Renato Sanchez di menit kesembilan, Serbia berhasil bangkit lewat gol Dusan Tadic dan Aleksandar Mitrovic di masa injury time.

Hasil itu membuat Serbia otomatis melenggang ke Piala Dunia karena berstatus juara grup. Sedangkan Portugal yang takluk di tangan Serbia, harus menerima kenyataan bersaing di babak play-off internasional.

Portugal hanya mampu mengoleksi 17 poin dari total delapan pertandingan. Kekalahan kontra Serbia adalah yang pertama selama babak kualifikasi Grup A.

Selain Portugal, ada beberapa negara yang harus berusaha lebih giat karena belum memastikan langkahnya ke Piala Dunia. Mereka bahkan merupakan tim bertabur bintang seperti Italia, Belanda, dan Argentina.

Belanda sebenarnya sedang memimpin klasemen Grup G. Namun saat berhadapan dengan Montenegro pekan lalu, De Oranje hanya mampu bermain imbang 2-2.

Hasil itu membuat Matthijs De Ligt dan kawan-kawan berpotensi digeser Turki atau Norwegia yang berada di peringkat kedua dan ketiga karena hanya berjarak dua poin.

Belanda sejatinya masih memuncaki klasemen dengan 20 poin. Namun karena Turki dan Norwegia sama-sama mengoleksi 18 poin, tidak ada kata aman bagi Belanda hingga laga penentuan kontra Norwegia pada 17 November 2021 mendatang.

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA