Senin 15 Nov 2021 20:30 WIB

Masjid 175 Tahun Masuk Daftar Penerima Dana Restorasi

Masjid Hajjah Fatimah adalah salah satu masjid tertua di Singapura.

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Muhammad Hafil
Masjid 175 Tahun Masuk Daftar Penerima Dana Restorasi
Foto: Abna
Masjid 175 Tahun Masuk Daftar Penerima Dana Restorasi

REPUBLIKA.CO.ID,SINGAPURA—Masjid Hajjah Fatimah adalah salah satu masjid tertua di Singapura, telah berusia lebih dari 170 tahun. Masjid yang dijuluki Menara Miring Singapura, karena menaranya yang sedikit miring, menjadi salah satu dari 20 monumen nasional yang menerima dana bantuan sebesar 2,24 juta USD (Rp 31 miliar) dari Dana Monumen Nasional (NMF) pada 2020 dan 2021 untuk proyek restorasi dan pemeriharaan. 

Diluncurkan pada tahun 2008, dana tersebut merupakan skema pendanaan bersama yang dikelola oleh Dewan Warisan Nasional (NHB). Dana ini ditujukan untuk mendukung monumen yang dimiliki dan dikelola oleh organisasi nirlaba atau keagamaan, yang saat ini terdiri dari 31 dari 73 monumen Singapura. Dana dikucurkan untuk dua jenis pekerjaan, pemeliharaan dan restorasi, dengan kuantum pencairan dinilai berdasarkan tingkat keparahan dan urgensi pekerjaan yang dibutuhkan. NHB juga menilai aplikasi berdasarkan kemampuan pemilik monumen untuk membiayai pekerjaan yang diperlukan dengan mempertimbangkan kebutuhan keuangan pemilik dan sumber pendanaan yang tersedia untuk pemilik.

Baca Juga

Chern Jia Ding, asisten direktur senior untuk arsitektur dan inspektorat di NHB, mengatakan dana yang dicairkan mencakup setidaknya 50 persen dari biaya pekerjaan. "Jika kami melakukan sesuatu di bawah 50 persen, itu tidak memberi (pemilik monumen) modal yang cukup untuk mulai bekerja, jadi itu tidak masuk akal," katanya, menambahkan bahwa dana tersebut telah berkembang berdasarkan kebutuhan pemilik monumen dan penghuni selama bertahun-tahun, dan sebagai tanggapan atas umpan balik mereka. 

Tahun ini, pekerjaan pemeliharaan proteksi kebakaran telah ditambahkan ke dalam daftar bantuan. Jean Wee, direktur divisi Pelestarian Situs dan Monumen NHB, mengatakan perubahan ini dilakukan setelah dewan melihat tingkat kerusakan yang disebabkan oleh kebakaran di katedral Notre-Dame Paris pada 2019. Di Parlemen awal bulan ini, perubahan Undang-Undang Pelestarian Monumen, yang menjabarkan undang-undang untuk melindungi monumen, telah disahkan. Anggota parlemen dari Partai Buruh, Leon Perera, saat itu menyarankan agar Dana Monumen Nasional dapat diperluas untuk mencakup lebih banyak pekerjaan pemeliharaan.

Wee mengatakan dewan selalu berusaha meningkatkan dukungannya untuk pemilik monumen, mengutip peningkatan jumlah dana yang tersedia selama bertahun-tahun sejak dana diluncurkan dan penambahan bertahap pekerjaan pemeliharaan yang memenuhi syarat. "Kami akan terus memperluas pemanfaatan dana pemeliharaan dengan memperluas pekerjaan kualifikasi yang dapat dipertimbangkan dan didukung oleh hibah pemeliharaan," katanya.

Salah satu penerima dana adalah Sinagog Maghain Aboth, yang memperoleh $393.751 (Rp 5,5 miliar) pada tahun 2021, mengatakan akan memanfaatkan dana tersebut untuk memperbaiki dan mengganti atap kayu Sinagoga, tempat peribadatan orang Yahudi. Penerima lainnya adalah Biara Lian Shan Shuang Lin, yang menerima $32.660 (Rp 464 juta) untuk pekerjaan restorasi Vihara pada tahun 2020, mendirikan penutup atap dan aula masuk. 

"Ini akan memberikan generasi masa depan dengan pengalaman nyata dan gamblang dari warisan budaya kita yang kaya dan pada gilirannya menanamkan keinginan bawaan untuk melayani masyarakat," tambah Ketua komite restorasinya Chuang Shaw Boon. 

Adapun Masjid Hajjah Fatimah yang berusia 175 tahun, menerima $30.623 (Rp 435 juta) untuk pekerjaan restorasi pada tahun 2021. Uang itu digunakan untuk pekerjaan waterproofing yang dimulai pada bulan September dan selesai minggu lalu. "Menjadi bangunan bersejarah dan ikonik, masjid ini memiliki daya tarik yang menarik banyak orang karena berbagai alasan, salah satunya adalah arsitekturnya yang unik,” ujar Manajer Masjid, Abdullah Alsagoff. 

"Pada usia hampir dua abad, itu membutuhkan banyak perawatan. Dengan hibah yang diberikan NHB untuk fasad dan pemeliharaannya, masjid ini dapat terus menjadi landmark bagi masyarakat bahkan sampai hari ini."

 

Sumber

https://en.abna24.com/news//175-year-old-hajjah-fatimah-mosque-in-singapore-getting-combined-2-24m-for-restoration-maintenance_1198251.html

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement