Senin 15 Nov 2021 11:47 WIB

Kemenparekraf Siapkan Program Tingkatkan Kreativitas Pemuda

Ada empat komponen penting yang menjadi fokus utama kampanye tersebut.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia mensosialisasikan program baru yang menargetkan kaum milenial dan generasi Z.
Foto:

Ketika pandemi memasuki tahun kedua, sektor pariwisata sangat terpengaruh, bahkan sebagian besar dari sektor ini terpaksa berhenti. Hal ini mengakibatkan penurunan 6,67% tenaga kerja di bidang pariwisata.

Kemenparekraf juga memperkirakan ada 60% peluang kerja pasca-COVID-19 yang masih belum tergarap di Indonesia. Dengan demikian, penting bagi kaum milenial dan generasi-z untuk terus meningkatkan kompetensinya dalam berbagai skill baru, seperti webinar dan pelatihan kewirausahaan, kerajinan tangan, serta pariwisata dan industri kreatif yang menjadi bagian inti dari program 4 AS Kemenparekraf.

Program 4 AS Kemenparekraf menargetkan demografi tenaga kerja terbesar di Indonesia, milenial dan generasi-z. Pada tahun 2021, generasi Z dan milenial membentuk hampir 54% dari 277 plus juta penduduk di negara itu. "Dengan demikian, memaksimalkan kompetensi kaum milenial dan generasi Z menjadi faktor kunci keberhasilan pemulihan sektor pariwisata, sekaligus mempercepat terwujudkan lapangan kerja baru untuk pertumbuhan ekonomi," ujar Sandiaga.

Selain itu, kemitraan dan kolaborasi di antara berbagai pemangku kepentingan juga menjadi faktor yang tak kalah penting dalam mendukung generasi muda dalam berkreasi. "Kreativitas yang membawa generasi muda untuk semakin cerdas menciptakan pekerjaan, bukan hanya sebagai pencari pekerjaan," tutup Sandiaga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement