Senin 15 Nov 2021 07:17 WIB

Peluncuran Aplikasi Satria BSSN Dihujani Komentar Negatif

Dari  hasil analisis dosen UNM, ia mendapatkan akumulasi sentimen negatif 86,2%.

Dosen Universitas Nusa Mandiri (UNM) melakukan analisis reaksi masyarakat terhadap peluncuran aplikasi bernama Satria  (Sandi Anda TerenkRipsi dengan Aman) oleh BSSN.
Foto: Dok UNM
Dosen Universitas Nusa Mandiri (UNM) melakukan analisis reaksi masyarakat terhadap peluncuran aplikasi bernama Satria (Sandi Anda TerenkRipsi dengan Aman) oleh BSSN.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) resmi luncurkan aplikasi bernama Satria  (Sandi Anda TerenkRipsi dengan Aman) pada 2 November 2021 lalu, di gedung BSSN. Aplikasi ini dirancang untuk pengamanan sandi akun baik untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun seluruh masyarakat Indonesia.

Berdasarkan hasil survei, Kamis   (3/11), aplikasi Satria  sudah terinstall lebih dari 500 pengguna. Namun, dibalik inovasi digital yang dikembangkan tersebut, masih memiliki kelemahan-kelemahan. Sehingga para pengguna mayoritas memberikan rating bintang 1 dengan jumlah sebanyak 144 ulasan atau 82,8 persen  dari keseluruhan data yang didapatkan. Akumulasi rating aplikasi Satria  per 3 November 2021 memiliki rating 1.3 dari skala 5 di playstore.

Dosen Universitas Nusa Mandiri (UNM), Irwansyah Saputra menjelaskan dalam analisisnya bahwa aplikasi Satria  memiliki lebih banyak sentimen   negatif ketimbang sentimen  positif. Ulasan positif mendominasi pada 2 November 2021, lalu dengan jumlah 11 ulasan. Kemudian disusul oleh ulasan negatif dengan grafik tinggi sebanyak 148 ulasan pada hari berikutnya.

Dari  hasil analisis yang dilakukan oleh dosen Universitas Nusa Mandiri (UNM) ini maka ia mendapatkan akumulasi sentimen negatif sebesar 86,2 persen. "Kemudian disusul oleh sentimen positif sebanyak 12,6 persen, dan terakhir adalah sentimen netral sebanyak 1,1 persen  dengan bantuan word cloud," kata Irwansyah dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Ahad (14/11). 

Ia menambahkan, tujuan dari analisis ini untuk menjadi acuan dalam melihat keluhan yang banyak disampaikan oleh pengguna aplikasi, pada aplikasi SATRIA.

Sedangkan, pada word cloud positif, terlihat banyak dukungan yang ditujukan untuk aplikasi SATRIA seperti “mantap”, “bermanfaat”, “aman”, “bagus” dan seterusnya. 

Sementara itu, pada word cloud negatif, terlihat banyaknya keluhan seperti “anggaran”, “bocor”, “jelek”, “boomer”, “sampah” dan yang lainnya. 

Selain dari word cloud tersebut, ulasan para pengguna pun menuliskan beberapa kekurangan dari aplikasi tersebut.  "Contohnya, tidak ada pilihan autentikasi dua faktor seperti aplikasi-aplikasi yang sudah menjadi tren  saat ini, tidak ada verifikasi email yang dapat memungkinkan pengguna lain menggunakan email yang bukan miliknya, dan masih banyak lagi ulasan-ulasan negatif lainnya," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement