Ahad 14 Nov 2021 10:48 WIB

Arab Saudi Luncurkan Liga Sepak Bola Wanita Pertama

Sistem gugur akan digunakan dalam kompetisi ini.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Arab Saudi Luncurkan Liga Sepak Bola Wanita Pertama. Tim sepak bola wanita Arab Saudi.
Foto: Arab News
Arab Saudi Luncurkan Liga Sepak Bola Wanita Pertama. Tim sepak bola wanita Arab Saudi.

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Federasi Sepak Bola Arab Saudi (SAFF) meluncurkan Liga Sepak Bola Wanita Saudi. Liga tersebut akan dimulai pada 22 November mendatang dan bakal digelar dalam dua fase. Fase pertama adalah Liga Regional dengan partisipasi 16 tim.

Pertandingan akan digelar di tiga kota, yakni Riyadh, Jeddah dan Dammam. Setiap wilayah menghadirkan enam tim kecuali Dammam yang menghadirkan empat tim. Seluruh tim akan bermain sesuai sistem liga dengan dua putaran.

Baca Juga

Tiga tim yang berada di posisi teratas di Riyadh dan Jeddah serta posisi pertama dan kedua di Dammam akan lolos untuk maju ke Kingdom Final Championship yang akan diadakan awal tahun depan di Jeddah di Stadion King Abdullah Sports City. Sistem gugur akan digunakan dalam kompetisi ini.

Presiden Dewan Direksi Federasi Sepak Bola Arab Saudi, Yasser Al Misehal, menyatakan, ini momen penting dalam karir SAFF. Ia mencontohkan, peluncuran liga resmi pertama di Kerajaan ini merupakan salah satu tujuan SAFF saat meresmikan departemen khusus sepak bola wanita.

 

"Hari ini kita hidup di momen ini, yang telah dicapai dengan anugerah Tuhan dan kemudian dukungan tak terbatas dari kepemimpinan kita yang bijaksana untuk semua sektor, khususnya di sektor sepak bola," kata Al Misehal, dilansir dari Saudi Gazette, Ahad (14/11).

Al Misehal menjelaskan, semua aturan dan peraturan untuk liga telah selesai. Dia menekankan keinginan federasi untuk menerapkannya karena begitu pentingnya edisi ini di jalur sepak bola wanita Saudi.

Anggota Dewan Direksi Federasi Sepak Bola Arab Saudi dan Direktur Departemen Sepak Bola Wanita, Lamia bin Bahian, menyampaikan terima kasih kepada kepemimpinan yang bijaksana atas dukungan dan perhatian tak terbatas yang dinikmati oleh sepak bola wanita.

"Saat yang kita jalani hari ini tidak dapat digambarkan dengan transformasi mimpi Liga Wanita Saudi menjadi kenyataan. Kami menikmati dukungan tak terbatas dari kepemimpinan bijaksana kami, dan mengingat dukungan ini, kami melanjutkan hari ini, dengan kecepatan tetap sesuai strategi ambisius di mana kita semua berbagi semangat, ambisi dan tekad untuk memajukan sepak bola wanita dan mencapainya ke level tertinggi," jelasnya.

Bahian juga menyampaikan telah bekerja sejak hari pertama di Departemen Sepak Bola Wanita, yang dimulai di bawah pengawasan Adwaa Al-Arifi, yang melakukan upaya besar dan berpengaruh untuk menyelesaikan langkah pembentukan liga wanita pertama pada khususnya, dan mendukung sepak bola wanita.

Sebanyak 16 klub berpartisipasi dari tiga wilayah. Ke-16 klub antara lain, Al-Tahadi, Sama, Al-Himma, Al-Seham Al-Zarqa dan Al-Yamamah (Wilayah tengah), Al-Asefah, Nosour Jeddah, Ittihad Al -Quwa, Al-Kora Al-Moshtaela dan Al-Leith Al-Abyad (wilayah Barat), Shoulla Al-Sharqiah, Al-Mamlaka Al-Nisa'e, Al-Waha dan Ittihad Al-Nosour (wilayah Timur).

Sumber: https://saudigazette.com.sa/article/613535/SAUDI-ARABIA/Saudi-Arabia-launches-first-edition-of-Womens-Football-League

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement