Jumat 12 Nov 2021 14:39 WIB

Kecilnya Ruang Representasi Muslim di Industri Film

Stereotip negatif muslim di film bisa memicu kekerasan rasialis

Film muslim
Foto: About Islam
Film muslim

IHRAM.CO.ID, Oleh Meiliza Laveda / Mabruroh / Farah Noersativa / Rossi Handayani

JAKARTA -- Ruang representasi Muslim dalam industri film terbilang kecil. Ini dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan oleh USC Annenberg Inclusion Initiative. Berdasarkan laporan pada Juni 2021 lalu, berjudul "Missing & Maligned: The Reality of Muslims in Popular Global Movies', studi inovatif peneliti USC mengungkapkan sejauh mana karakter Muslim hilang atau digambarkan secara negatif di 200 film yang dirilis antara 2017 dan 2019 di AS, Inggris, Australia, dan Selandia Baru.

Baca Juga

Muslim juga terkungkung oleh periode waktu latar film, dengan lebih dari 60 persen karakter Muslim primer dan sekunder muncul di masa lalu yang bersejarah, fantastik, atau baru-baru ini. Ketika Muslim komunitas yang beragam secara ras dan etnis dipilih, mereka cenderung diprofilkan secara rasial, dengan sekitar dua pertiga karakter Muslim diperankan oleh orang Timur Tengah atau Afrika Utara.

Hal ini juga berlaku untuk lokasi setting film untuk karakter Muslim, dengan 46 persen penggambaran Muslim berakar di wilayah MENA. Dalam hal penggambaran karakter, hampir 40 persen karakter Muslim primer dan sekunder adalah pelaku kekerasan, sementara lebih dari 53 persen menjadi target kekerasan.  

Lebih jauh lagi, Muslim sering dianggap asing dan lain-lain. 58,5 persen diwakili sebagai imigran, 87,8 persen tidak berbicara bahasa Inggris atau dengan aksen, dan 75,6 persen ditampilkan mengenakan pakaian keagamaan. Bahkan di ranah animasi, tidak ada satu pun Muslim di 23 film yang diikutsertakan dalam kajian tersebut.

Untuk melawan itu, beberapa kelompok yang dipimpin oleh The Pillars Fund telah berkumpul dengan selebriti Muslim untuk meluncurkan inovatif berjudul Beasiswa Artis Pillar (The Pillars Artist Fellowship). Program ini yang juga didukung oleh Ford Foundation dan Annenberg Inclusion Initiative akan memberikan penghargaan tunai sebesar 25 ribu dolar Amerika  dalam bentuk uang tunai tanpa batas. Selain itu pula ada bimbingan dari seniman Muslim terkemuka, seperti Riz Ahmed, Hasan Minhaj, Nida Manzoor dan Mahershala Ali.

“Kami berbicara dengan pembuat konten di seluruh negeri, penulis, sutradara, pendongeng, aktor. Komunitas kami sebagian besar telah hilang dari belakang dan di depan layar selama beberapa dekade. Ini tidak hanya menyebabkan kesalahan representasi yang mengerikan tentang Muslim, tetapi ada seluruh demografis seniman berbakat yang kurang dimanfaatkan,” ” kata Pendiri The Pillars Fund Kashif Shaikh.

Hanya beberapa bulan setelah peluncuran, ada lebih dari 600 pelamar dan gelombang antusiasme dari komunitas Muslim. Shaikh mengatakan peluncuran itu mendapat reaksi yang sangat positif.

“Orang-orang yang bahkan tidak mendaftar memberi tahu saya betapa bersemangatnya mereka. Banyak dari mereka yang melamar telah menggunakan waktu berharga dalam pengiriman video mereka untuk mengatakan meskipun mereka mungkin tidak dapat diterima, tetapi mereka bersyukur dapat mendaftarkan diri,” ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement