Monday, 10 Muharram 1444 / 08 August 2022

Dukungan Sandiaga Nyapres Bertambah, Ada Ulama dan Pemuda

Selasa 09 Nov 2021 23:23 WIB

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Nashih Nashrullah

Ijtima Ulama dan Pemuda Indonesia dukung Sandiaga Uno maju capres. Ilustrasi Sandiaga Uno

Ijtima Ulama dan Pemuda Indonesia dukung Sandiaga Uno maju capres. Ilustrasi Sandiaga Uno

Foto: Kemenparekraf
Ijtima Ulama dan Pemuda Indonesia dukung Sandiaga Uno maju capres

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Dukungan terhadap Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, untuk maju sebagai calon presiden (capres) 2024 kembali muncul. Kali ini datang dari kelompok yang menamakan diri sebagai Ijtima Ulama dan Pemuda Indonesia melalui pendeklarasian. 

"Kami rasa Sandi merupakan calon pemimpin ke depan, mudah-mudahan ini menjadi awal dalam menentukan masa depan bangsa Indonesia ke depannya," ujar salah satu deklarator, Dede Ruba'i, dalam siaran pers, Selasa (9/11). 

Baca Juga

Hal tersebut ia sampaikan saat deklarasi berlangsung di Cipinang Cempedak, Jakarta Timur. Dede menyatakan, pihaknya mendukung Sandiaga karena menilai sosoknya memiliki program yang menyasar kaum milenial. 

Hal yang tak luput dari penilaian mereka ialah akhlak sopan santun yang dimiliki mantan wakil gubernur DKI Jakarta itu. "Dan yang penting akidah akhlak sopan santun yang luar biasa membuat siapapun terpesona," ujar dia. 

Di samping itu, deklarator lainnya, Masri Ikoni, mengungkapkan, Sandiaga juga dinilai bergerak fokus kepada keumatan umat muslim. DIa juga menyebut Sandiaga memiliki wawasan nasional dan internasional serta kemandirian yang baik. Dia berharap Sandiaga dapat membawa hal positif bagi para pemuda di Indonesia untuk bergerak maju.

"Kita sudah bahas parameter yang kita gunakan, orangnya santun, Indonesia, kemandirian, punya wawasan nasional internasional, energik, banyak hal dari beberapa hal itu kita sematkan ke semua kandidat, dan kita hanya ke pak Sandi," kata dia.

Inisiator Ijtima Ulama dan Pemuda Islam, Arief Fahrudin, mengungkapkan alasan pihaknya mengusung Sandiaga. Dalam hal keagamaan, kata Arif, Sandiaga dinilai sebagai pemimpin moderat yang pro dan peduli antar umat beragama. 

Dia juga melihat Sandiaga sebagai sosok yang tidak pernah melontarkan ujaran kebencian terhadap agama lain dan mampu menjaga kepercayaan publik. 

"Trust in government saat dipegang oleh Sandiaga meningkat ini membuktikan bahwa Sandiaga selalu transparansi dan tidak pernah melakukan salah dalam menerapkan kebijakan," ujar dia. 

Ijtima Ulama dan Pemuda Indonesia, kata Arief, juga melihat sosok Sandiaga yang cerdas dan bekerja keras dalam situasi pandemi Covid-19. 

Sandiaga, kata dia, mencetuskan beberapa ide brilian sasar ekonomi nasional sempat menurun dan sekarang menunjukan hasil positif.

Sandiaga juga dia nilai sebagai sosok santun dan sederhana. Dia pun menilai Sandiaga sebagai anak milenial yang optimistis dan mampu membawa garda bangsa ke arah kemajuan. Pengalaman politiknya pun sudah cukup mumpuni.

"Yang terakhir, Sandiaga merupakan sosok yang siap. Sandiaga siap maju untuk menjadi calon presiden RI dengan segala kemampuan yang dimilikinya," kata Arif.

Deklarasi dukungan terhadap Sandiaga turut dihadiri tokoh seperti Dedi Tuan Guru, Habib Fahiri, Masri Ikoni, Dede Ruba'i Misbahul Alam, Moh Ahbab Hasbi, Habib Fahmi Alatas, Habib M Reza Assegaf, Kana Kurniawan, Afandi Ismail, Yosse Hayatullah, Wizdan Fauran, dan Fahmi Faisal.  

 

 

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA