Rabu 10 Nov 2021 03:17 WIB

Kiat All New Ertiga Bersaing di Pasar LMPV Tanah Air

Kendaraan jenis LMPV menjadi salah satu jenis yang paling laris di pasar Tanah Air

Menteri Perindustrian RI Airlangga Hartarto (ketiga kanan), bersama Presiden Direktur Suzuki Indonesia Seiji Itayama (kedua kanan) saat seremoni ekspor perdana All New Ertiga dan NEX II di pabrik PT Suzuki Indomobil Motor (SIM), Cikarang, Senin (22/10).
Foto: Edwin Dwi Putranto/Republika
Menteri Perindustrian RI Airlangga Hartarto (ketiga kanan), bersama Presiden Direktur Suzuki Indonesia Seiji Itayama (kedua kanan) saat seremoni ekspor perdana All New Ertiga dan NEX II di pabrik PT Suzuki Indomobil Motor (SIM), Cikarang, Senin (22/10).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Meski masih dihantui pandemi Covid-19 namun, hal itu bukan halangan bagi kalangan industri otomotif untuk terus berinovasi melalui produk baru mereka. Hasil karya mereka dapat dinikmati dalam pameran akbar Gaikindo Indonesia International Auto Show  (GIIAS) 2021 yang digelar 11 hingga 21 November mendatang. 

Salah satu pasar otomotif yang masih seksi dan hingga kini digemari banyak kalangan di Tanah Air adalah kelas multi purpose vehicle (MPV). Di kelas ini persaingan sengit sejumlah merek papan atas yang didominasi merek Jepang dan bersaing dengan produk Cina. Seperti Suzuki Ertiga, Avanza, Xenia, Mitsubishi Xpander, Wuling Confero, Nissan Livina dan Honda Mobilio. Kondisi ini tidak terlepas dari besarnya segmen tersebut, apalagi setelah adanya kebijakan relaksasi pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) yang diberlakukan pemerintah sejak awal tahun ini. 

Gaikindo bahkan menyebutkan seluruh kendaraan yang termasuk keluarga low MPV mendapat insentif pajak hingga nol persen. Tak mengherankan bila akhirnya segmen ini menguasai pangsa pasar hingga 25 persen dari total penjualan kendaraan penumpang. Larisnya kendaraan jenis ini tidak terlepas dari kelebihannya yang sulit digantikan kendaraan jenis lainnya dan sesuai dengan karakter keluarga di Indonesia.

Salah satu karakter Low Multi Purposes Vehicle (LMPV) menawarkan kemampuan kendaraan dalam menampung banyak penumpang. Mobil ini cocok untuk menunjang aktivitas keluarga karena didesain dengan mengutamakan kenyamanan dalam penggunaan sehari-hari. LMPV sendiri dapat menampung hingga 7 penumpang ketika berkendara, namun dapat dialihfungsikan sebagai tempat menaruh barang jika tidak sedang membawa 7 penumpang. Karakteristik mobilnya yang luas dan nyaman menjadikan LMPV sebagai salah satu jenis mobil yang digemari masyarakat lantaran kerap bepergian bersama keluarga.

Karakter tersebut melekat pada All New Ertiga salah satu produk LMPV yang merajai pasar otomotif di Tanah Air. Tak terasa, All New Ertiga yang sebelumnya bernama Ertiga telah diperkenalkan di Tanah Air sejak 2012 silam. Hadir dengan eksterior gagah dan tangguh, serta memiliki kabin dan bagasi luas untuk kenyamanan penumpang, irit baham bakar, fitur keselamatan mumpuni, berpenggerak roda depan, plus tagline 'Kebanggan Keluarga' membuat Ertiga tidak perlu waktu lama untuk beradaptasi dengan pasar di Tanah Air. 

Suzuki mencatatkan angka penjualan All New Ertiga mencapai 314.531 unit, dan ekspor ke 36 negara mencapai 103.744 unit. Di tahun 2021, All New Ertiga berhasil menguasai pangsa pasar LMPV sebesar 9 persen, dan berkontribusi 12 persen terhadap penjualan nasional Suzuki Indonesia. Kebutuhan.“Kami selalu melakukan inovasi dan pengembangan untuk menyempurnakan Ertiga sebagai salah satu backbone penjualan kendaraan penumpang Suzuki Indonesia,"kata Donny Saputra, 4 Wheel Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) beberapa waktu lalu.

Dalam perjalanannya, Ertiga terus berevolusi dengan versi mesin diesel yang dipasarkan pada 2017 lalu. Dilanjut pada 2018 yang diperkenalkan pada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 silam dengan nama All New Ertiga. Pada generasi kedua ini dilakukan sejumlah perubahan signifikan. Seperti penggunaan mesin K15B berkapasitas 1.4 liter dan tampilan lebih sporty.

Tahun berikutnya, All New Ertiga Sport tampil dengan sejumlah asesoris tambahan yang sekaligus menjadi kasta tertingginya. Hingga pada tahun lalu muncul generasi terbaru dengan sejumlah perubahan kecil pada tampilannya. "Kami menawarkan tampilan teknologi terbaru,  dengan harga yang kompetitif,"kata Donny.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement