Friday, 25 Jumadil Akhir 1443 / 28 January 2022

BI: Keyakinan Konsumen Kembali ke Zona Optimistis

Senin 08 Nov 2021 23:50 WIB

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Friska Yolandha

Pengunjung memilah pernak pernik khas Papua di Pasar Central Hamadi, Kota Jayapura, Papua, Kamias (!4/10). Survei Konsumen Bank Indonesia pada Oktober 2021 mengindikasikan keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi terus menguat sejalan dengan membaiknya mobilitas masyarakat.

Pengunjung memilah pernak pernik khas Papua di Pasar Central Hamadi, Kota Jayapura, Papua, Kamias (!4/10). Survei Konsumen Bank Indonesia pada Oktober 2021 mengindikasikan keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi terus menguat sejalan dengan membaiknya mobilitas masyarakat.

Foto: Republika/Thoudy Badai
Kenaikan IKK terpantau pada seluruh kategori pengeluaran dan tingkat pendidikan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Survei Konsumen Bank Indonesia pada Oktober 2021 mengindikasikan, keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi terus menguat sejalan dengan membaiknya mobilitas masyarakat. Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono mengatakan, hal ini tecermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Oktober 2021 yang tercatat sebesar 113,4, meningkat dari 95,5 pada bulan September 2021.

"Ini berarti IKK kembali berada pada area optimis karena nilainya lebih dari 100," katanya dalam keterangan pers, Senin (8/11).

Baca Juga

Kenaikan IKK terpantau pada seluruh kategori pengeluaran, tingkat pendidikan, dan kelompok usia responden. Secara spasial, IKK meningkat di hampir seluruh kota yang disurvei, tertinggi di kota Banten, diikuti Makassar dan Banjarmasin.

Kenaikan IKK terutama didorong oleh membaiknya Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK). Persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini terpantau membaik terutama persepsi terhadap lapangan kerja dan penghasilan saat ini.

Perkembangan tersebut dipengaruhi membaiknya aktivitas ekonomi dan penghasilan masyarakat. Seiring pelonggaran kebijakan pembatasan mobilitas di berbagai wilayah Indonesia sebagai dampak respons penanganan Covid-19 yang semakin baik.

Ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi mendatang juga terpantau menguat dan terus berada pada area optimis. Penguatan ekspektasi konsumen didukung oleh kenaikan pada seluruh aspek pembentuknya, yaitu ekspektasi penghasilan, ekspektasi ketersediaan lapangan kerja, dan ekspektasi kegiatan usaha.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA