Thursday, 25 Syawwal 1443 / 26 May 2022

Jouf, Kota Penghasil Minyak Zaitun Arab Saudi

Senin 08 Nov 2021 19:08 WIB

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah

Jouf, Kota Penghasil Minyak Zaitun Arab Saudi. Perkebunan zaitun di Jouf, Arab Saudi.

Jouf, Kota Penghasil Minyak Zaitun Arab Saudi. Perkebunan zaitun di Jouf, Arab Saudi.

Foto: Arab News/Huda Bashatah
Sebanyak 30 juta pohon zaitun ditanam di atas 7.300 hektare tanah.

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Mabruroh

RIYADH -- Dari Mesir kuno hingga Yunani dan Romawi, dan berlanjut hingga zaman modern, minyak zaitun nenawarkan ribuan manfaat yang sangat penting bagi semua orang. Selain dapat digunakan untuk memasak, minyak zaitun juga digunakan untuk tujuan medis.

Baca Juga

Minyak zaitun juga dipakai sebagai bahan dalam kosmetik dan parfum. Wilayah Jouf, utara Arab Saudi merupakan tempat penghasil ribuan liter minyak zaitun setiap tahun.

Di tanah yang subur itu, terdapat 30 juta pohon zaitun ditanam di atas 7.300 hektare tanah. Maka, tidak mengherankan jika wilayah tersebut dikenal sebagai “keranjang zaitun” Kerajaan.

Musa Ahmad Al-Juraid dari Pusat Penelitian Unta dan Ternak dan Unit Zaitun di Sakaka, mengatakan lebih dari 30 varietas pohon zaitun tumbuh di Jouf. Pohon zaitun ini diimpor dari Prancis, Spanyol, Italia, Yunani, dan Turki. Dua dari varietas yang paling terkenal di wilayah ini adalah Sorani dan Nibali yang ditingkatkan.

"Beberapa dari varietas ini cocok untuk produksi minyak dan beberapa digunakan untuk fermentasi atau acar zaitun,” kata Al-Juraid, dilansir dari Arab News, Senin (8/11).

 

 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA