Jumat 05 Nov 2021 20:27 WIB

Putin Rayakan Hari Persatuan Rusia di Krimea, Ukraina Marah

Krimea merupakan wilayah yang dicaplok Rusia pada 2014 silam.

Presiden Rusia Vladimir Putin.
Foto: AP/Evgeniy Paulin/Pool Sputnik Kremlin
Presiden Rusia Vladimir Putin.

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Presiden Vladimir Putin merayakan Hari Persatuan Nasional Rusia pada Kamis (4/11) dengan melakukan kunjungan ke Krimea. Langkah Putin menuai protes tajam dari Ukraina.

Krimea merupakan semenanjung di sepanjang pantai utara Laut Hitam di Eropa Timur yang dicaplok oleh Rusia dari Ukraina pada 2014. Saat berbicara di Kota Sevastopol, tempat keberadaan armada Laut Hitam Rusia, Putin mengatakan Sevastopol dan Krimea sekarang selamanya bersama Rusia.

Baca Juga

Ukraina mengutuk kunjungan Putin itu dan menyebutnya sebagai pelanggaran berat terhadap kedaulatan Ukraina dan hukum internasional. Hari Persatuan Nasional Rusia adalah hari libur umum yang dibuat oleh pemerintahan Putin pada 2004 untuk menggantikan Hari Revolusi Oktober Komunis, yakni hari saat tank-tank, rudal, dan pasukan dikerahkan untuk berparade di Lapangan Merah Moskow.

Pencaplokan Krimea dari Ukraina telah menarik kecaman internasional dan sanksi terhadap Moskow.Namun, langkah itu memberikan dorongan yang signifikan pada popularitas Putin di dalam negeri.Putinsendiri telah membuat marah Ukraina dengan serangkaian kunjungan ke Krimea dalam tujuh tahun terakhir.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement