Monday, 5 Zulhijjah 1443 / 04 July 2022

Wapres Minta Mensos Sigap Tangani Banjir di Sejumlah Daerah

Jumat 05 Nov 2021 06:28 WIB

Rep: fauziah mursid/ Red: Hiru Muhammad

 Warga dan tim penyelamat melakukan pencarian korban di reruntuhan rumah pasca banjir bandang di Batu, Jawa Timur, Kamis (4/11/2021). Hujan deras memicu banjir di pulau utama Indonesia Jawa pada Kamis yang meninggalkan sejumlah orang hilang, kata para pejabat.

Warga dan tim penyelamat melakukan pencarian korban di reruntuhan rumah pasca banjir bandang di Batu, Jawa Timur, Kamis (4/11/2021). Hujan deras memicu banjir di pulau utama Indonesia Jawa pada Kamis yang meninggalkan sejumlah orang hilang, kata para pejabat.

Foto: AP Photo/Hendra Permana
Mensos akan melaporkan kondisi terkini apabila sudah mendapatkan perkembangannya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta Menteri Sosial Tri Rismaharini melaporkan perkembangan bencana banjir yang terjadi di Indonesia. Ini setelah bencana banjir melanda sejumlah daerah dalam beberapa hari terakhir

Dalam sambungan telepon dengan Mensos, Wapres meminta Risma untuk sigap menangani banjir di Kota Batu, Jawa Timur dan Melawi, Kalimantan Barat.“Tolong lokasi banjir untuk dapat ditangani dan terus dipantau,” kata Wapres dikutip dalam siaran pers Sekretariat Wakil Presiden, Kamis (4/11).

Risma pun menyatakan kesiapannya untuk menangani bencana yang terjadi dan akan melaporkan kondisi terkini apabila sudah mendapatkan perkembangan hasil dari lokasi banjir.

Selain banjir bandang di Kota Batu, pada kesempatan ini Risma juga melaporkan mengenai perkembangan penanganan bencana banjir di Jalan Sintang-Melawi, Kalimantan Barat yang terjadi pada Kamis (21/10).

Ia melaporkan bahwa Kementerian Sosial telah mempersiapkan lumbung padi di Melawi untuk mengantisipasi ramalan potensi curah hujan tinggi dari BMKG. Sebab, diperkirakan intensitas hujan yang tinggi akan mencapai titik puncaknya pada Januari hingga Februari 2022.

“Ramalan BMKG itu kan parahnya [hujan] justru Januari sampai Februari Bapak. Sekarang ini kami siapkan lumbung padi sehingga nanti kalau ada banjir, jalannya putus, mereka masih bisa survive dengan lumbung,” kata

Sebelumnya, Wapres juga lebih dahulu melakukan komunikasi melalui sambungan telepon dengan Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko, terkait Banjir Bandang yang melanda wilayah Kota Batu pada Kamis (4/11) sore. Wapres meminta penanganan dampak banjir bandang yang menerjang Kota Batu segera dilakukan."Ya supaya (berkoordinasi dengan) Kementerian Sosial ya mengambil langkah langkah (penanganan). Mudah-mudahan tidak banyak korban dan supaya diatasi," kata Wapres.

Wapres juga menanyakan kondisi terkini masyakarat yang terdampak banjir bandang dan seberapa parah wilayah yang diterjang banjir. Wapres pun meminta agar Pemerintah daerah segera memberi bantuan kepada masyarakat korban banjir."Apakah sedang ditangani, terus bantuan bantuan apakah sudah turun dan ada pengungsian," tanya Kiai Ma'ruf.

 

 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA