Monday, 28 Zulqaidah 1443 / 27 June 2022

Menjawab Pernyataan Sholat 5 Waktu tak Ada dalam Alquran

Kamis 04 Nov 2021 18:50 WIB

Rep: Meiliza Laveda/Alkhaledi Kurnialam/Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah

Menjawab Pernyataan Sholat 5 Waktu tak Ada dalam Alquran

Menjawab Pernyataan Sholat 5 Waktu tak Ada dalam Alquran

Foto: REPUBLIKA
Dasar hukum sholat itu memang merujuk kepada Alquran dan hadits Rasulullah SAW.

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Meiliza Laveda, Alkhaledi Kurnialam, Mabruroh

JAKARTA -- Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia (UI) Ade Armando mengatakan perintah sholat lima waktu tidak ada dalam Alquran. Pernyataan tersebut datang sebagai tanggapan atas Presiden Nusantara Foundation Muhammad Shamsi Ali yang menuding Ade telah mengingkari Islam karena tidak menjalankan syariat Islam.

Baca Juga

Pernyataan Ali muncul dalam menanggapi video Ade sebelumnya yang tidak percaya umat Islam harus menjalankan syariat yang tercantum dalam Alquran, sunnah, atau kesepakatan ulama. Menurut Ade, tanggapan Ali penuh dengan emosi tanpa memberikan argumen yang jelas.

“Yang mengejutkan saya betapa para pemuka Islam yang seharusnya menjadi panutan pun menyerang dengan penuh kemarahan tanpa logika. Bukan menggunakan argumen, contohnya Shamsi Ali. Dia digadang-gadang imam New York, tapi cicitan yang berisi komentar saya, sungguh menyedihkan,” kata Ade dalam video berjudul Syamsi Ali, Felix Siauw Mengeroyok Saya Soal Logika di kanal Youtube CokroTV.

Ade mengatakan Ali menyatakan dengan menolak syariat sudah mengingkari Islam. Menurut Ade, tidak semua Muslim menjalankan syariat, misalnya tidak semua orang melakukan sholat lima waktu.

“Saya sih sholat lima waktu walaupun saya tahu dalam Alquran tidak ada perintah sholat lima waktu,” ujar dia. 

 

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA