Friday, 19 Syawwal 1443 / 20 May 2022

Shama Haider, Muslim Pertama Anggota Legislatif New Jersey

Kamis 04 Nov 2021 14:15 WIB

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah

Shama Haider, Muslim Pertama Anggota Legislatif New Jersey. Shama Haider (tengah) adalah wanita muslim pertama yang menjabat sebagai legislator negara bagian New Jersey, Amerika Serikat (AS).

Shama Haider, Muslim Pertama Anggota Legislatif New Jersey. Shama Haider (tengah) adalah wanita muslim pertama yang menjabat sebagai legislator negara bagian New Jersey, Amerika Serikat (AS).

Foto: NorthJersey.com/Tariq Zehawi
Lebih dari 30 Muslim mencalonkan diri untuk jabatan di seluruh New Jersey.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Komunitas Muslim di New Jersey (NJ), Amerika Serikat (AS) telah membuat kemajuan politik lokal dalam beberapa tahun terakhir. Mereka memenangkan kursi di seluruh negara bagian sebagai wali kota, anggota dewan, dan komisaris dewan sekolah.

Namun, meskipun kekuatan politik mereka tumbuh, tidak ada Muslim yang pernah menjabat di Badan Legislatif negara bagian. Namun, itu berubah pada Hari Pemilihan, ketika mantan anggota dewan Tenafly, Shama Haider memenangkan pemilihan untuk Majelis Negara Bagian di Distrik ke-37 di Kabupaten Bergen.

Baca Juga

"Saya sangat bangga dengan kampanye kami. Saya berterima kasih kepada rekan-rekan saya yang telah memberikan dukungan besar selama bulan-bulan ini, dan saya sangat berterima kasih kepada semua orang yang bekerja dan secara sukarela membuat kemenangan ini menjadi mungkin," kata Haider dilansir dari North Jersey, Kamis (3/11).

Haider dari Demokrat mencalonkan diri untuk pemilihan legislatif negara bagian New Jersey di Distrik 37, yang mencakup Kabupaten Bergen timur. Dia adalah wanita muslim pertama yang menjabat sebagai legislator negara bagian New Jersey.

Sebagai seorang wanita Muslim, Haider mengatakan dirinya tidak ingin dianggap menjadi hanya statistik wanita Muslim di Majelis. "Tidak, saya ingin dikenal sebagai legislator yang efektif," ungkapnya.

Haider (72 tahun) telah aktif dalam politik lokal selama lebih dari dua dekade. Dia bertugas di Dewan Borough Tenafly dua kali mulai 2001 dan 2015. Peristiwa serangan 11 September mendorong banyak Muslim untuk terlibat dalam politik dan mencapai ke komunitas mereka.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA