Selasa 02 Nov 2021 16:15 WIB

Puasa yang Menyehatkan, Bagaimana Panduannya dalam Islam?

Puasa yang menyehatkan tubuh adalah puasa yang sesuai dengan tuntunan Nabi Muhammad.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Agung Sasongko
Ilustrasi Berpuasa
Foto: Prayogi/Republika
Ilustrasi Berpuasa

IHRAM.CO.ID, JAKARTA – Dalam beberapa kasus, orang jatuh sakit akibat melakukan ‘puasa’. Lantas bagaimana panduan sehat berpuasa dalam Islam?

KH Ali Mustafa Yaqub dalam buku Cara Cermat Mengamalkan Hadis menjelaskan bahwa puasa yang menyehatkan tubuh adalah puasa yang sesuai dengan tuntunan Nabi Muhammad SAW. Misalnya, dengan tidak berlebih-lebihan dalam berbuka (ifthar).

Baca Juga

Dalam Islam, terdapat sunah-sunah atau adab-adab dalam menjalankan puasa. Salah satunya adalah dengan menyegerakan berbuka, mengakhirkan makan sahur, tidak makan besar terlebih dahulu, dan tidak berlebihan dalam menyantap makanan di malam harinya.

Adapun orang-orang yang tidak merasakan dampak kesehatan dari berpuasa, kata Kiai Ali, dipastikan itu karena terdapat kesalahan dalam pelaksanaannya. Di antaranya, masih banyak yang berbuka puasa tetapi berat timbangan badannya justru bertambah atau biasa dikenal istilah ‘balas dendam’ ketika berbuka puasa.

Memang, menurut Kiai Ali, terdapat anjuran untuk menyegerakan berbuka puasa. Namun bukan berarti hal itu harus dilakukan dengan memakan makanan secara berlebihan. Karena, hal itu selain dapat membuat malas dalam mengerjakan aktivitas ibadah lainnya, juga dapat membuat pencernaan tak sanggup menampung pasokan makanan yang berlebihan.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement