Thursday, 18 Syawwal 1443 / 19 May 2022

Pemkot Siap Layani 8 Rute Damri yang Berhenti Beroperasi

Selasa 02 Nov 2021 07:21 WIB

Rep: M Fauzi Ridwan/ Red: Hiru Muhammad

Supir berjalan di depan bus yang tidak beroperasi di pool (pangkalan) Bus Damri, Bandung, Jawa Barat, Kamis (28/10/2021).  Perum Damri menghentikan sementara operasional delapan dari 11 rute bus kota di wilayah Bandung Raya akibat mengalami kerugian dan kesulitan dalam kinerja keuangan perusahaan.

Supir berjalan di depan bus yang tidak beroperasi di pool (pangkalan) Bus Damri, Bandung, Jawa Barat, Kamis (28/10/2021). Perum Damri menghentikan sementara operasional delapan dari 11 rute bus kota di wilayah Bandung Raya akibat mengalami kerugian dan kesulitan dalam kinerja keuangan perusahaan.

Foto: ANTARA/Novrian Arbi
Dishub masih mengkaji pemanfaatan Trans Metro Bandung di rute DAMRI yang kosong

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung melalui dinas perhubungan siap melayani 8 rute bus kota DAMRI yang berhenti beroperasi sejak tanggal 28 Oktober lalu akibat kesulitan keuangan. Koordinasi tengah dilakukan untuk memastikan agar pelayanan kepada masyarakat dapat dilakukan.

"Saya minta ke pak Ricky (Kadishub) sebagai dinas terkait agar yang kosong itu pertama dikoordinasikan dengan mereka, kedua kalau sudah dikoordinasikan betul-betul turun tangan dari kita kita bantu semampu kita," ujar Wali Kota Bandung, Oded M Danial, Senin (1/11).

Ia menuturkan saat ini pihak Dishub masih melakukan kajian terkait pemanfaatan Trans Metro Bandung di rute DAMRI yang kosong. Diharapkan masyarakat yang biasa menggunakan rute tersebut dapat terlayani dengan baik.

Oded menambahkan ditengah kondisi lalu lintas Kota Bandung yang macet maka keberadaan bus kota harus disesuaikan. Ia menilai saat ini penggunaan bus kota ideal dengan ukuran 3/4.

Ia mengajak masyarakat untuk menggunakan transportasi masal dan memperkecil penggunaan mobil pribadi. Hal itu dilakukan untuk mengurangi kemacetan arus lalu lintas di Kota Bandung."Saya imbau masyarakat anak sekolah pakai transportasi masal, kantoran juga begitu. ASN kendaraan pribadi imbauan saya memperkecil mobilitas kendaraan di lapangan," katanya.

Perusahaan Damri cabang Bandung menghentikan sementara layanan bus kota untuk 8 rute terhitung sejak Kamis (28/10) sedangkan layanan untuk tiga rute lainnya masih dapat beroperasi. Salah satu penyebab layanan dihentikan sementara disebabkan kinerja keuangan perusahaan yang merugi.

Kedelapan rute yang dihentikan sementara yaitu Cicaheum-Cibeureum, Ledeng- Leuwipanjang, Dipatiukur-Leuwipanjang, Elang-Jatinangor via Cibiru, Dipatiukur- Jatinangor, Kebon Kalapa- TJ Sari, Cicaheum- Leuwipanjang, Alun- Alun Bandung-Ciburuy. Tiga rute yang beroperasi Jatinangor-Elang via tol, Cibiru-Kebon Kelapa, Alun-alun-Kota Baru Parahyangan.

 

 

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA