Sunday, 10 Jumadil Awwal 1444 / 04 December 2022

Pemimpin Tertinggi Taliban Akhirnya Muncul di Publik

Ahad 31 Oct 2021 16:16 WIB

Rep: Rizky Jaramaya/Kamran Dikarma/ Red: Christiyaningsih

Pemimpin Taliban Afghanistan Mawlawi Haibatullah Akhundzada berpose untuk dipotret.

Pemimpin Taliban Afghanistan Mawlawi Haibatullah Akhundzada berpose untuk dipotret.

Foto: Pers Islam Afghanistan melalui AP, File
Pemimpin tertinggi Taliban Haibatullah Akhundzada muncul di publik untuk pertama kali

REPUBLIKA.CO.ID, KABUL -- Pemimpin tertinggi Taliban Haibatullah Akhundzada muncul di hadapan publik untuk pertama kalinya, pada Ahad (31/10). Akhundzada tampak berbicara kepada para pendukungnya di kota Kandahar, Afghanistan selatan.

Akhundzada telah menjadi pemimpin Taliban sejak 2016 dan kerap bersembunyi. Bahkan, dia tetap menjadi sosok yang misterius setelah Taliban kembali merebut kekuasaan di Afghanistan pada Agustus lalu.

Baca Juga

Pada Sabtu (30/10), Akhundzada mengunjungi madrasah Darul Uloom Hakimah untuk berbicara dengan tentara dan muridnya yang pemberani. Menurut pejabat Taliban, pengamanan ketat dikerahkan di acara tersebut.

Sejauh ini tidak ada foto atau video yang muncul terkait kunjungan Akhundzada tersebut. Namun rekaman audio sepuluh menit telah dibagikan secara luas di akun media sosial Taliban.

Dilansir Al Arabiya pada Ahad (31/10), Akhundzada yang disebut sebagai Amirul Mukminin atau panglima umat Muslim memberikan pidato ketika mengunjungi madrasah Darul Uloom Hakimah. Dalam pidatonya, dia lebih banyak berbicara tentang pesan keagamaan ketimbang politik. Dia berdoa untuk para syuhada Taliban, pejuang yang terluka, dan keberhasilan pejabat negara dalam ujian besar di Afghanistan.

Akhundzada ditunjuk sebagai pemimpin Taliban dalam transisi kekuasaan setelah serangan pesawat tak berawak AS pada 2016. Serangan tersebut menewaskan pendahulunya, Mullah Akhtar Mansour.

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA