Ahad 31 Oct 2021 07:05 WIB

Biawak 1 Meter Masuk Rumah Warga di Bogor

Biawak diduga mendekati rumah warga karena sulit mencari makanan.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Ilham Tirta
Petugas menangkap biawak (ilustrasi).
Foto: Republika/Shabrina Zakaria
Petugas menangkap biawak (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Petugas Pemadam Kebakaran Kota Bogor menangkap biawak sepanjang 1 meter lebih di halaman rumah warga di kawasan Katulampa, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor, Sabtu (30/10). Biawak tersebut sempat bersembunyi di bawah tumpukan kaso bekas, sehingga menyulitkan petugas untuk mengevakuasi.

Kabid Pemadam Kebakaran (Damkar) pada Satpol PP Kota Bogor, Ade Nugraha mengatakan, biawak yang ditangkap memiliki berat sekitar 20 kilogram. Setelah ditangkap dengan kondisi mulut dan kaki diikat, biawak tersebut dibawa ke Mako Pemadam Kebakaran Kota Bogor.

“Petugas membutuhkan waktu sekitar 30 menit penanganan. Dikarenakan biawak berada di bawah tumpukan kaso bekas, sehingga menyulitkan tim evakuasi,” ujar Ade, Sabtu (30/10).

Lebih lanjut, Ade mengatakan, diperkirakan biawak tersebut masuk ke halaman rumah warga lantaran sedang mencari makanan. Padahal, biawak biasanya tinggal di semak belukar dan di sekitar bantaran sungai.

Menurut dia, biawak bisa mendekati rumah warga karena sulit mencari makanan yang kemungkinan sulit didapat di habitatnya. “Jadi dengan sangat terpaksa mereka mencari makanan di sekitar rumah warga,” pungkasnya.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement