Kamis 28 Oct 2021 16:02 WIB

Kelompok Sayap Kanan India Rusak Masjid-Masjid di Tripura

Sebanyak 16 masjid dirusak dan rumah serta toko milik warga Muslim dibakar di Tripura

Sebanyak 16 masjid dirusak dan rumah serta toko milik warga Muslim dibakar di Tripura.
Sebanyak 16 masjid dirusak dan rumah serta toko milik warga Muslim dibakar di Tripura.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI - Sedikitnya 16 masjid dirusak dan rumah serta toko milik warga Muslim dibakar selama seminggu terakhir di negara bagian timur laut Tripura, menurut sebuah kelompok hak-hak sipil pada Rabu.

Asosiasi untuk Perlindungan Hak Sipil (APCR) mengatakan setidaknya ada 27 insiden yang dikonfirmasi dari gerombolan kelompok sayap kanan yang menyerang masjid, rumah, dan individu di wilayah Muslim.

Baca Juga

“Ini termasuk 16 insiden di mana masjid dirusak dan bendera Hindu radikal, Vishwa Hindu Parishad (VHP), dikibarkan secara paksa di atasnya,” kata M. Huzaifa dari APCR kepada Anadolu Agency.

Setidaknya tiga masjid, masjid Palbazar di distrik Unnakoti, Masjid Dogra di distrik Gomati dan Narola Tila di Vishalgarh dibakar, sebut dia.

APCR mengatakan hampir semua serangan dilakukan oleh berbagai kelompok sayap kanan, termasuk VHP, yang seolah-olah berkumpul untuk memprotes kekerasan anti-Hindu di Bangladesh.

Pada Selasa, pemerintah memberlakukan pasal 144 KUHAP di Dharmanagar dan Kailashahar bagian Tripura Utara untuk mencegah protes terhadap kekerasan di negara bagian.

“Namun, belum ada tindakan di daerah yang melihat vandalisme oleh massa. Negara dan polisi menciptakan ilusi keadaan normal dengan mengerahkan personel polisi di beberapa daerah," kata Sultan Hussain, seorang warga di Tripura Utara dan Sekretaris Organisasi Mahasiswa Islam India cabang Tripura.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/kelompok-sayap-kanan-india-rusak-masjid-masjid-di-tripura/2405123
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement