Kamis 28 Oct 2021 14:06 WIB

Pemkot Jakbar akan Ubah Lumpur Saluran Air Jadi Bata Beton

Sedang dipetakan wilayah mana yang akan dijadikan tempat pengolahan lumpur.

Sejumlah alat berat melakukan pengerekun sampah dan sedimen lumpur di sungai (ilustrasi)
Foto: ANTARA/Muhammad Iqbal
Sejumlah alat berat melakukan pengerekun sampah dan sedimen lumpur di sungai (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Kota Jakarta Barat (Pemkot Jakbar) berencana akan mengubah lumpur hasil galian saluran air menjadi bata beton (conblock). "Kita sedang kaji bersama beberapa ahli dari beberapa universitas. Apakah lumpur-lumpur ini bisa dimanfaatkan dan cocok untuk pembuatan conblock," kata Camat Kembangan Joko Mulyono saat dihubungi di Jakarta, Kamis (28/10).

Kegiatan pemanfaatan lumpur dari saluran air itu akan dilaksanakan oleh jajaran Kecamatan Kembang, JakartaBarat. Munculnya ide pemanfaatan ini, lanjut Joko, bermula dari banyaknya temuan lumpur di beberapa saluran kawasan Kembangan saat dilakukan pembersihan.

Baca Juga

Joko pun memilih untuk memanfaatkan kembali lumpur tersebut dibandingkan membuangnya langsung ke tempat pembuangan. Lebih lanjut, setelah proses pengkajian selesai, Joko dan beberapa pihak lainnya akan memantau volume lumpur yang ditemukan di dalam saluran. Setelah itu pihaknya akan mempertimbangkan proses pengolahan lumpur tersebut menjadi bata beton.

Pihaknya bahkan sudah memetakan wilayah mana yang direncanakan akan dijadikan tempat pengolahan lumpur. "Rencananya tempatnya di blok 35 dekat Pasar Jabon. Di sana ada tempat yang agak luas," kata Joko.

Jika seluruh proses berjalan dengan lancar, Joko memperkirakan pengerjaan awal akan dimulai pada Januari 2022. Nantinya, hasil pengolahan tersebut akan dijual hingga dipakai untuk pembangunan fasilitas warga. "Jika sudah produksi banyak akan kita manfaatkan secara ekonomis, namun untuk awal mungkin kita gunakan untuk pembangunan sendiri," kata Joko.

 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement