Sunday, 28 Syawwal 1443 / 29 May 2022

Australia Janjikan Sumbang 10 Juta Dosis Vaksin untuk ASEAN

Rabu 27 Oct 2021 20:01 WIB

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Christiyaningsih

 Perdana Menteri Australia Scott Morrison menghadiri KTT ASEAN-Australia pertama di Gedung Parlemen di Canberra, Australia, 27 Oktober 2021.

Perdana Menteri Australia Scott Morrison menghadiri KTT ASEAN-Australia pertama di Gedung Parlemen di Canberra, Australia, 27 Oktober 2021.

Foto: EPA-EFE/LUKAS COCH
Selain vaksin, Australia pun menawarkan bantuan keuangan sebesar 92,6 juta dolar AS

REPUBLIKA.CO.ID, CANBERRA – Australia berjanji menyumbangkan lebih dari 10 juta dosis vaksin Covid-19 untuk negara-negara Asia Tenggara. Negeri Kanguru pun menawarkan bantuan keuangan sebesar 92,6 juta dolar AS.

Hal itu disampaikan Perdana Menteri Australia Scott Morrison saat berpartisipasi dalam pertemuan virtual dengan para pemimpin ASEAN pada Rabu (27/10). “ASEAN berada di pusat Indo-Pasifik dan kami mendukungnya melalui kata-kata serta tindakan kami,” kata Morrison.

Baca Juga

Pada kesempatan itu, selain pandemi, Morrison turut menyoroti masalah kejahatan transnasional dan keamanan energi. Terkait hal itu, Australia menawarkan 92,6 juta dolar AS guna mengatasi tantangan tersebut.

Dia mengungkapkan kemitraan strategis yang komprehensif antara Australia dan ASEAN akan lebih dari sekadar label. Morrison mendorong ASEAN mempertimbangkan secara positif proposal meningkatkan hubungan. “Kami akan mendukungnya dengan substansi yang mempromosikan kemitraan kami untuk mengatasi masalah kompleks di masa depan,” ucapnya.

Dorongan Australia untuk menjalin hubungan lebih kuat dengan ASEAN muncul di tengah meningkatnya kekhawatiran tentang aktivitas dan pengaruh China di kawasan Asia-Pasifik.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA