Selasa 26 Oct 2021 22:32 WIB

Prancis Tutup Masjid di Allain

Prancis Tutup Masjid di Allain Selama Enam Bulan.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil
Prancis Tutup Masjid di Allain. Foto: Islamofobia (ilustrasi)
Foto: Bosh Fawstin
Prancis Tutup Masjid di Allain. Foto: Islamofobia (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,PARIS -- Pemerintah Prancis memutuskan menutup sebuah masjid yang berlokasi di Allain. Penutupan ini dilakukan selama enam bulan.

Pusat keagamaan yang berada di barat laut Prancis ini ditusuh telah membela pemikiran ekstremis. Karrna itu, pemerintah mengumumkan penutupan enam bulan, Senin (25/10) kemarin.

Baca Juga

Dalam sebuah pernyataan, Gubernur Sarthe mengatakan masjid tersebut memiliki kapasitas untuk menampung 300 jamaah. Ia juga mengklaim pejabat masjid merencanakan melakukan serangan teroris di Prancis.

Dilansir di AhlulBayt News Agency(ABNA), Selasa (26/10), untuk mencegah rencana dugaan serangan teroris tersebut, pemerintah lantas memutuskan melakukan penutupan.

 

Adapun keputusan penutupan masjid telah dimulai sejak 13 Oktober atas perintah Menteri Dalam Negeri Prancis Gérald Darmanin. Sebelumnya sebuah laporan menunjukkan Pemerintah Prancis telah menutup hampir 30 masjid dalam waktu kurang dari setahun.

Di tengah upaya berkelanjutan terhadap Muslim dan tempat ibadah mereka, Prancis telah menutup sepertiga dari 89 masjid yang diperiksa sejak November 2020, menurut Anadolu Agency.

Pada bulan Agustus, otoritas konstitusional tertinggi Prancis menyetujui undang-undang “anti-separatisme” yang kontroversial. UU ini menuai kritik karena menyudutkan Muslim, dan akhirnya hanya menghapus dua pasalnya.

RUU itu disahkan oleh Majelis Nasional pada bulan Juli, meskipun ada tentangan kuat dari anggota parlemen sayap kanan dan kiri.

Undang-undang mengizinkan pejabat campur tangan di masjid dan asosiasi yang bertanggung jawab atas administrasi mereka, serta mengontrol keuangan asosiasi dan LSM yang berafiliasi dengan Muslim.  

Sumber:

https://en.abna24.com/news/france-closes-mosque-in-allain_1192390.html?__cf_chl_jschl_tk__=pmd_ZK6c5W6oVBYbYtIWVvVd22YWrWkpnhKMQ5tjHD9kiGU-1635242124-0-gqNtZGzNAlCjcnBszQdR

 

Cek Typo

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement