Saturday, 26 Jumadil Akhir 1443 / 29 January 2022

Saturday, 26 Jumadil Akhir 1443 / 29 January 2022

Film Horor yang Berhasil Menangkan Oscar Secara tak Terduga

Selasa 26 Oct 2021 12:16 WIB

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti

Film The Silence of the Lambs.

Film The Silence of the Lambs.

Foto: Orion Pictures
The Silence of the Lambs menjadi film terbaik Oscar 1992.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Ada beberapa film horor yang sukses memenangkan Piala Oscar selama beberapa dekade ini. Sejak didirikan pada 1928, Academy of Motion Picture Arts and Sciences di Hollywood telah memberikan penghargaan atas prestasi artistik dan teknis dalam industri film. 

Memenangkan Academy Award adalah salah satu penghargaan paling bergengsi yang dapat diterima sebuah film. Sementara itu, genre horor biasanya bukan genre film yang diasosiasikan dengan Oscar.

Film horor menimbulkan ketakutan dan menghidupkan mimpi buruk kita yang terburuk. Itu bukan sesuatu yang harus dirayakan atau diberi penghargaan. Namun, banyak film horor selama beberapa dekade telah memenangkan Oscar secara tak terduga, bahkan cetak sejarah. Berikut daftarnya seperti dilansir di laman CBR, Selasa (26/10):

1. Get Out (2017) kategori Best Original Screenplay

photo
Film Get Out - (ist)
 

Get Out adalah film horor Amerika, ditulis dan disutradarai oleh Jordan Peele. Film ini berfokus pada Chris, seorang pria muda Afrika-Amerika yang bepergian dengan pacarnya untuk mengunjungi keluarga kulit putihnya. Film berubah menjadi menyeramkan ketika Chris menemukan rahasia yang meresahkan tentang keluarga pacarnya.

Get Out tidak hanya memenangkan Best Original Screenplay, tetapi juga dinominasikan dalam tiga kategori lainnya, termasuk Best Picture, Best Director, dan Best Actor. Itu adalah kemenangan bersejarah bagi Peele saat ia menjadi pria Afrika-Amerika pertama yang menang untuk Best Original Screenplay.

2. Dracula oleh Bram Stoker (1992) kategori Great Costum Design

photo
Film Dracula (versi 1992). - (Columbia Pictures)
 

Dracula karya Bram Stoker adalah film adaptasi dari novel horor gothic Dracula yang ditulis oleh Bram Stoker. Adaptasi tahun 1992 adalah film yang disambut baik dibandingkan adaptasi sebelumnya. Penggambaran campy Dracula pada dasarnya telah menyelamatkan karakter itu.

Film ini dinominasikan untuk empat kategori Academy Awards dan memenangkan Oscar untuk Best Costume Design, Best Makeup, dan Best Sound Editing. Ini adalah satu-satunya film adaptasi Dracula yang pernah memenangkan Academy Award.

3. Misery (1991) kategori Best Actress

photo
Film Misery. - (Columbia Pictures)
 

Misery adalah film adaptasi 1990 dari sebuah novel dengan nama yang sama oleh Stephen King. Film ini berfokus pada Annie Wilkes, yang diperankan oleh Kathy Bates, seorang penggemar obsesif yang menahan tawanan novelis roman favoritnya di rumahnya yang terpencil.

Penggambaran Bates tentang Annie Wilkes membuatnya memenangkan Academy Awards untuk Best Actress. Stephen King bahkan menyatakan bahwa Misery adalah salah satu film adaptasi favoritnya dari novel-novelnya. Ini adalah satu-satunya film berdasarkan novel Stephen King yang telah memenangkan Oscar.

4. The Silence of the Lambs (1991) kategori Best Picture

photo
Film The Silence of the Lambs. - (Orion Pictures)
 

The Silence of the Lambs adalah film horor psikologis Amerika yang dianggap sebagai sleeper hit pada saat itu. Namun, film tersebut mendapat pujian kritis, karena penampilan luar biasa dari Anthony Hopkins dan Jody Foster.

Film ini memenangkan lima nominasi Oscar, termasuk Best Picture, Best Actor, Best Actress, Best Director, dan Best Original Screenplay. Ini menjadi satu-satunya film horor yang pernah memenangkan penghargaan bergengsi untuk Best Picture.

5. The Fly (1986) kategori Best Makeup

photo
Film The Fly. - (20th Century Fox)
 

The Fly yang dibintangi oleh Jeff Goldblum adalah remake dari film tahun 1958 berdasarkan cerita pendek karya George Langelaan. Dalam film tersebut, Goldblum berperan sebagai seorang ilmuwan yang setelah percobaan gagalnya, ia mulai berubah menjadi seekor lalat.

Film ini dipuji karena efek khusus dan tampilan riasannya yang dibuat oleh Chris Walas dan Stephan Dupuis. Pekerjaan mereka mengubah Goldblum menjadi makhluk lalat hibrida mendapatkan Academy Awards untuk Best Makeup.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA