Thursday, 18 Syawwal 1443 / 19 May 2022

Ketum KNPI Sebut tak Ada Yang Salah Dengan Pernyataan Menag

Selasa 26 Oct 2021 12:08 WIB

Red: Agus raharjo

Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas saat pidato pada pembukan Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) ke-20 tahun 2021 di The Sunan Hotel, Surakarta, Jawa Tengah secara daring dan luring pada Senin (25/10).

Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas saat pidato pada pembukan Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) ke-20 tahun 2021 di The Sunan Hotel, Surakarta, Jawa Tengah secara daring dan luring pada Senin (25/10).

Foto: dok. Kemenag
KNPI berharap polemik soal Kementerian Agama hadiah untuk NU diakhiri.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK--Ketua Umum DPP KNPI Noer Fajrieansyah menyebut tak ada yang salah dan tak perlu dipermasalahkan ucapan Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas. Pernyataan Menag terkait Kementerian Agama hadiah untuk NU memunculkan polemik di masyarakat.

Meskipun, Menag mengeklaim pernyataan itu disampaikan di forum internal. "Itu forum internal NU, kan sudah jelas maksudnya untuk memotivasi para santri," ujar Fajrie begitu sapaan dia, melalui keterangan tertulisnya, Selasa (26/10).

Fajrie menegaskan bahwa publik harus ingat kalau semenjak ditetapkannya hari santri menjadi hari nasional, hal tersebut menjadi kebanggaan tersendiri bagi semua santri, alumni pesantren, para kiai, dan tentunya bangsa negara. "Perjuangan para para santri dan kiai pun sudah sewajarnya mendapat apresiasi dari negara. Ini yang saya lihat dari pernyataan Menag, konteksnya lebih kepada apresiasi dan motivasi," jelas mantan aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) tersebut.

Sebelumnya, sambutan Menag Yaqut Cholil di forum internal NU dalam rangka Hari Santri Nasional (HSN) viral dan menuai kontroversi. Ketika itu, Gus Yaqut mengatakan kalau Kementerian Agama adalah hadiah untuk Nahdlatul Ulama (NU).

Fajrie yakin semua tokoh pun ketika diundang di sebuah forum internal, akan mengatakan hal yang sama. Tinggal bagaimana dilihat sikap dan terobosannya. "Apa yang disampaikan Menteri Agama tidak ada yang salah. Karena terbukti selama kepemimpinan beliau di Kementerian Agama, semua peran agama di buka lebar, NU dan Muhammadiyah juga di beri peran yang sama," ujar Fajrie.

Ia menambahkan, mengidolakan sosok Menag Yaqut Cholil Qoumas. "Kami anak-anak muda jujur saja sangat mengidolakan beliau, karena merangkul semua anak-anak muda lintas agama, suku dan golongan. Beliau tipe pemimpin tegas dan terbuka," lanjut Fajrie.

Baca juga : Gus Yaqut Tegaskan Kemenag Milik Semua Agama

KNPI sebagai tempat berhimpunnya anak anak muda lintas organisasi selama ini, dari sebelum menjadi menteri agama sampai sekarang mengidolakan kepemimpinan Gus Yaqut. Karena jelas kontribusinya bagi agama bangsa dan negara. "Maka kita mengajak kepada anak anak muda, untuk belajar kepemimpinan dari beliau. Kami berharap polemik soal ini segera di akhiri," ujarnya.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA