Selasa 26 Oct 2021 06:33 WIB

Kemenhub Minta Insiden Tabrakan LRT Jabodebek Diinvestigasi

PT Inka diimbau berhati-hati melaksanakan uji coba dan mengutamakan keselamatan.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Agus raharjo
Petugas mengecek kereta LRT yang mengalami kecelakaan di kawasan Cibubur, Jakarta.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Petugas mengecek kereta LRT yang mengalami kecelakaan di kawasan Cibubur, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meminta insiden tabrakan LRT Jabodebek saat dilakukan uji coba tanpa menumpang diivenstigasi. Kejadian tersebut terjadi kemarin (25/10) saat tengah dilakukan langsir dalam rangka pengujian sarana internal oleh PT Industri Kereta Api (Persero) atau Inka di antara petak Stasiun Harjamukti-Stasiun Ciracas yang terjadi pada pukul 13.00 WIB.

"Proses investigasi dan evaluasi atas insiden ini dapat segera dilaksanakan dengan baik karena aspek keselamatan tetap harus menjadi prioritas utama dalam bertransportasi," kata Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Zulfikri dalam pernyataan tertulisnya, Senin (25/10) malam.

Zulfikri memastikan, investigasi kondisi jalur LRT Jabodebek tersebut juga masih dilakukan. Hanya saja masih terlihat dampak minor di beberapa third rail pada jalur tersebut. Sementara, untuk struktur tidak ada kerusakan.

"Kami imbau kepada pihak PT Inka agar lebih berhati-hati dalam melaksanakan uji coba dan selalu mengutamakan faktor keselamatan," ujar Zulfikri.

Zulfikri menuturkan, Kemenhub menyayangkan kejadian tabrakan saat uji coba dinamis dilakukan. Sebab, uji coba dinamis dilakukan untuk bertujuan untuk menjamin keselamatan LRT Jabodebek. "Sudah seharusnya proses ini dilakukan dengan cermat dan penuh kehati-hatian," tutur Zulfikri.

Kemenhub juga turut prihatin atas satu korban luka dalam insiden tersebut yaitu masinis yang saat ini sudah dirawat di rumah sakit. Zulfikri mendoakan korban dapat segera pulih dan dipastikan dalam insiden tersebut tidak ada korban jiwa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement