Selasa 26 Oct 2021 00:30 WIB

Konstitusi Harus Melindungi Muslim India 

Muslim India harus dilindungi.

Rep: Ratna ajeng tejomukti/ Red: Muhammad Hafil
Konstitusi Harus Melindungi Muslim India. Foto;   Rancangan Masjid  di Dhannipur, Ayodhya, India.
Foto: Indianexpress.com
Konstitusi Harus Melindungi Muslim India. Foto; Rancangan Masjid di Dhannipur, Ayodhya, India.

REPUBLIKA.CO.ID,BENGALURU  -- Pemimpin Senior Kongres Rahman Khan mengatakan muslim bukanlah minoritas di India, dan meminta mereka untuk berjuang menuju pembangunan bangsa dan bukan hanya berlindung pada partai politik.

"Ada sekitar 20 hingga 22 juta Muslim di negara ini, menurut saya, mereka bukan minoritas. Bagaimana 22 juta orang bisa menjadi minoritas? Kami telah memberi warna seperti itu," kata Khan, Sabtu (23/10), dilansor di ndtv.com.

Baca Juga

Dia bahkan mengatakan telah menulis buku 'Muslim India: The Way Forward' dan meminta masyarakat Islam untuk berjuang membangun bangsa. Dia mengimbau agar muslim harus berkontribusi kepada masyarakat dan menjadi dermawan untuk memberi kepada masyarakat serta menjadi warga negara yang baik daripada meminta kepada pemerintah. 

"Memperhatikan undang-undang bahwa sesuai dengan Pasal 14, 15 dan 16 Konstitusi, jika ada bagian atau komunitas yang terbelakang dan membutuhkan dukungan, Konstitusi memberi pemerintah kekuatan untuk mengambil tindakan afirmatif. Jadi, tidak ada pihak yang berkuasa yang melakukan kebaikan apa pun kepada komunitas mana pun," kata dia.

Konstitusi melindungi semua warga negara. Konstitusi adalah pelindung umat Islam, bukan partai politik mana pun.

Dia mengatakan siapa pun dapat bergabung dengan partai mana pun dan menurutnya, tidak ada pihak yang dapat mengklaim bahwa muslim bergabung dengannya. Dia menanggapi pertanyaan tentang perselisihan politik antara Kongres dan para pemimpin JD(S) atas dukungan muslim menjelang jajak pendapat Hangal dan Sindgi 30 Oktober.

Menanggapi pertanyaan, Khan mengatakan minoritas juga warga negara, dan klaim oleh para pemimpin politik bahwa komunitas digunakan oleh seseorang demi suara adalah penghinaan. 

"Bukankah minoritas memiliki pengetahuan tentang siapa yang harus dipilih dan siapa yang tidak. Apakah minoritas dapat digunakan?" Dia bertanya. Menyatakan bahwa minoritas berhak untuk mencari haknya sesuai dengan apa yang diberikan kepada mereka di bawah Konstitusi.

Mereka tidak membutuhkan pihak mana pun untuk meminta haknya, Konstitusi sudah cukup. Mantan Menteri Persatuan ini lebih lanjut mengatakan Kongres adalah partai sekuler, dan selama 70 tahun berdiri untuk melindungi sekularisme termasuk umat Islam yang mendukungnya.

Namun muslim bukan hanya mendukung Kongres. Jika besok Kongres tidak mendukung prinsip-prinsip sekuler, mereka tidak akan punya apa-apa untuk diberikan kepada bangsa. Jika besok BJP mengadopsi sekularisme, mereka mungkin juga mendukung mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement