Senin 25 Oct 2021 15:48 WIB

Sleman Optimistis Capai Target di Peparnas Papua

Kontingen Sleman yang berangkat wakili DIY sebanyak 32 orang.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Muhammad Fakhruddin
Sleman Optimistis Capai Target di Peparnas Papua (ilustrasi).
Foto: Antara/Iggoy el Fitra
Sleman Optimistis Capai Target di Peparnas Papua (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,SLEMAN -- Pemkab Sleman melepas kontingen Kabupaten Sleman untuk mewakili DIY dalam ajang Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVI di Papua. Pelepasan dilakukan ke kontingen yang terdiri dari 24 atlet, 6 pelatih dan 2 official.

Ketua National Paralympic Committee (NPC) Kabupaten Sleman 2021, Suwartoyo, menyampaikan terima kasih atas perhatian yang diberikan Pemkab Sleman. Ia menerangkan, kontingen Sleman yang berangkat wakili DIY sebanyak 32 orang.

Terdiri dari tiga atlet cabor atletik, tiga atlet cabor bulu tangkis, enam atlet cabor panahan, tujuh atlet cabor tenis, lima atlet cabor tenis meja. Sedangkan, di luar atlet ada enam orang pelatih dan dua orang official.

Suwartoyo menerangkan, atlet-atlet Peparnas sudah melakukan persiapan sejak tiga tahun lalu. Dimulai dari pelatda, pemeriksaan kesehatan dan klasifikasi cabor yang diikuti atlet. Adapun target yang dicanangkan DIY 15 medali emas.

"Kami optimis bisa mencapai atau bisa melampaui target 15 medali emas," kata Danang, Senin (25/10).

Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVI sendiri akan berlangsung di Papua pada 2 Nov-15 Nov 2021. Pelaksanaan Peparnas XVI akan diselenggarakan di dua klaster yaitu Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura.

Peparnas XVi Papua 2021 akan diikuti 1.985 atlet, dengan 12 cabang olahraga yang dipertandingkan. Meliputi angkat berat, atletik, boccia, bulu tangkis, catur, judo, menembak, panahan, renang, sepakbola, tenis dan tenis meja.

Untuk pembagiannya, klaster Kota Jayapura akan menggelar pertandingan cabor tenis meja, bulu tangkis, catur, judo, sepakbola dan tenis. Kabupaten Jayapura menggelar cabor atletik, menembak, panahan, renang, boccia dan angkat besi.

Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, mengucapkan selamat kepada atlet, pelatih, dan official yang berhasil lolos seleksi National Paralympic Committee Sleman 2021. Kepada mereka, tercurah harapan agar dapat menampilkan kemampuan terbaik.

Pada kesempatan itu, secara simbolis Danang turut menyerahkan dukungan uang saku tambahan kepada mereka senilai Rp 1,5 juta untuk masing-masing atlet. Sedangkan, total dukungan yang diserahkan ke atlet-atlet senilai Rp 48 juta.

Danang berharap, bentuk dukungan ini jangan dilihat nominalnya, tapi perhatian kepada seluruh atlet kebanggaan Sleman. Ia berharap, kepada atlet-atlet agar bertanding dengan sungguh-sungguh untuk mampu mencapai prestasi terbaik.

"Berbekal latihan dan pendampingan dari pelatih serta kemampuan yang dimiliki, saya optimis atlet Sleman mampu meraih medali di ajang tersebut," ujar Danang. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement