Ridwan Kamil: Jabar Terus Berkomitmen Majukan Pesantren

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Esthi Maharani

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil | Foto: Edi Yusuf/Republika

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG --Masih dalam suasana Hari Santri Nasional yang jatuh 22 Oktober, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan komitmennya untuk memajukan pesantren.

Menurut Ridwan Kamil, salah satu buktinya adalah Peraturan Daerah (Perda) Nomor 1 tahun 2021 tentang Fasilitasi Penyelenggaraan Pesantren yang disahkan 1 Februari 2021. Perda ini merupakan turunan dari Undang-Undang  Nomor 18 tahun 2019 tentang Pesantren.

"Jawa Barat berhasil punya perda pesantren pertama di Indonesia sehingga kemajuan pesantren, kesejahteraan kiai kemajuan santri punya dasar hukum yang lebih jelas," ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil.

Melalui perda ini, menurut Emil, hak – hak pesantren akan dilindungi seperti dalam hal pendanaan. Kemudian kesejahteraan penghuni pesantren diperhatikan baik ustaz dan staf pengajar maupun para santri melalui program ekonomi seperti One Pesantren One Product (OPOP).  

Emil mengatakan, dukungan pada pesantren ini juga menjadi salah satu bukti nyata dari slogan Jawa Barat Juara Lahir dan Batin. Selain berprestasi dalam urusan lahir atau fisik, namun secara sifat dan keagamaan juga harus menjadi nomor satu.

"Itu sebenarnya terjemahan dari baldatun, toyibatun wa robbun ghofur. Itu kalimat kalau diucapkan pelan jadi doa kalau diucapkan keras jadi penyemangat," katanya.

Emil menjelaskan, dalam memimpin Jabar dirinya selalu memegang teguh tiga hal. Pertama menjadikan kepemimpinan sebagai ibadah, selalu berpikir bahwa pemimpin hanya bersifat sementara, dan harus bermanfaat bagi orang banyak.

"Saya berusaha tahu diri. Selalu gunakan ilmu para ulama untuk melahirkan keadilan dalam memimpin," katanya.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...

Terkait


Pesan Gus Kikin Tebuireng untuk Umat dan Partai Politik

Santri di Jateng Dapat Pelatihan Pengembangan Usaha

Gus Rozin Dorong Transformasi Digital di Pesantren

Ekselensia Tahfizh School Gelar Upacara Hari Santri Nasional

Jiwa Raga Santri Harus Siaga

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image