Tuesday, 11 Muharram 1444 / 09 August 2022

6 Cara Hapus Informasi Pribadi dari Web

Senin 25 Oct 2021 08:41 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih

Beragam media sosial (ilustrasi)

Beragam media sosial (ilustrasi)

Foto: Alexander Shatov Unsplash
Anda bisa meminimalkan jejak digital di internet.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada kalanya kita ingin menghapus data-data pribadi dari internet. Apakah bisa?

Anda tidak pernah dapat sepenuhnya menghapus data diri Anda dari internet. Namun, ada beberapa cara untuk meminimalkan jejak digital Anda, yang akan menurunkan kemungkinan data pribadi Anda diketahui.

Baca Juga

Berikut ini adalah beberapa cara untuk melakukannya. Namun, perlu diingat bahwa menghapus informasi Anda dari internet, dapat berdampak buruk pada kemampuan Anda untuk berkomunikasi dengan calon pemberi kerja.

Hapus atau nonaktifkan akun belanja, media sosial dan layanan web Anda.

Dilansir dari CNET, Senin (25/10), Anda perlu memikirkan tentang jaringan mana Anda memiliki profil media sosial. Selain yang besar (Facebook, Instagram, Twitter dan LinkedIn), apakah Anda masih memiliki akun lama di situs seperti Tumblr atau Myspace? Bagaimana dengan akun yang disimpan di Amazon, Gap.com, Macys.com dan lainnya.

Untuk menyingkirkan akun ini, buka pengaturan akun Anda dan cari opsi untuk menonaktifkan, menghapus atau menutup akun Anda. Tergantung pada akunnya, Anda mungkin menemukannya di bawah Privasi atau Keamanan, atau yang serupa.

Jika Anda mengalami masalah dengan akun online tertentu, coba cari online untuk “Cara menghapus”, diikuti dengan nama akun yang ingin Anda hapus. Anda harus dapat menemukan beberapa instruksi tentang cara menghapus akun tertentu. Jika karena alasan tertentu ada akun yang tidak dapat dihapus, ubah info di akun menjadi selain info Anda yang sebenarnya. Sesuatu yang palsu atau benar-benar acak.

Hapus data diri Anda dari situs pengumpulan data

Ada perusahaan di luar sana yang mengumpulkan informasi Anda. Mereka disebut pialang data dan mereka memiliki nama seperti Spokeo, Whitepages.com, PeopleFinder dan banyak lainnya.

Mereka mengumpulkan data dari semua yang Anda lakukan secara online dan kemudian menjual data itu kepada pihak yang berkepentingan, sebagian besar untuk mengiklankan dan menjual barang secara lebih spesifik kepada Anda. Sekarang Anda dapat mencari sendiri di situs-situs ini dan kemudian menangani setiap situs satu per satu untuk menghapus nama Anda. Masalahnya, prosedur untuk memilih keluar dari setiap situs berbeda dan terkadang melibatkan pengiriman faks dan mengisi dokumen fisik yang sebenarnya.

Cara yang lebih adalah dengan menggunakan layanan seperti DeleteMe. Jika menghapus diri Anda sendiri dari situs pialang data ini, sebagian besar Anda juga akan menghapus diri Anda sendiri dari hasil pencarian Google, sehingga membuat lebih sulit bagi orang untuk menemukan Anda.

Baca juga : Di Web Resmi, Berdirinya Kemenag Usulan Tokoh Muhammadiyah

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA