Senin 25 Oct 2021 00:27 WIB

Liverpool Permalukan MU 5-0 di Old Trafford

Mohamed Salah jadi pemain pertama yang hattrick di Old Trafford pada laga Liga Primer

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Israr Itah
Penyerang Liverpool Mohamed Salah (kiri) bersama Naby Keita merayakan gol ke gawang Manchester United. Salah mencetak hattrick dalam kemenangan Liverpool 5-0 atas MU di Old Trafford.
Foto: EPA-EFE/PETER POWELL
Penyerang Liverpool Mohamed Salah (kiri) bersama Naby Keita merayakan gol ke gawang Manchester United. Salah mencetak hattrick dalam kemenangan Liverpool 5-0 atas MU di Old Trafford.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Liverpool mempertahankan catatan belum pernah kalah di Liga Primer Inggris musim ini dengan sempurna. The Reds menang besar 5-0 atas Manchester United (MU) pada laga pekan kesembilan yang berlangsung di Old Trafford, Manchester, Ahad (24/10).

Dalam laga bigmatch pekan kesembilan Liga Primer ini, Mohamed Salah kembali membuat sejarah. Ia jadi pemain pertama yang mencetak hattrick di Old Trafford dalam sejarah Liga Primer. Sebelumnya, penyerang Southampton Egil Ostenstad juga pernah tiga kali memberondong gawang MU pada pertandingan Liga Primer pada 26 Oktober 1996. Namun, belakangan satu gol Ostenstad dihitung sebagai gol bunuh diri Phil Neville.

Baca Juga

Tambahan tiga angka membuat Liverpool kini nyaman di posisi kedua klasemen dengan nilai 21, hasil enam kali menang dan tiga kali imbang. The Reds tertinggal satu angka dari Chelsea di puncak dan juga unggul satu poin dari Manchester City di posisi tiga.

Sementara MU yang pekan lalu berada di posisi lima kini turun ke peringkat tujuh dengan nilai 14. Koleksi poin tim asuhan Ole Gunnar Solskjaer sama dengan Everton, Leicester City, dan Arsenal.

Jalannya laga

Naby Keita sudah membawa Liverpool unggul pada menit kelima. Memanfaatkan kelengahan bek MU, Keita menerima operan matang Salah dan lolos untuk berhadapan dengan David de Gea. Dengan tenang, pemain timnas Guinea ini menaklukkan De Gea dengan tendangan mendatar.

Diogo Jota menggandakan keunggulan tim tamu pada menit 13. Menerima umpan matang Trent Alexandre-Arnold, Jota hanya perlu menjulurkan kakinya menyambut bola yang melintas di depan gawang MU. 

MU makin menderita ketika Mohamed Salah membuat Liverpool unggul 3-0, setelah Keita memberikan umpan matang ke tengah. Jelang turun minum, Salah semakin menegaskan dominasi Liverpool. Tendangan mendatarnya dari operan Jota merobek gawang De Gea.

Memasuki babak kedua, Setan Merah bukannya bangkit, malah makin babak belur. Empat menit berjalan, Salah mencetak hattrick untuk mengubah skor jadi 5-0, kali ini memanfaatkan bola dari Jordan Henderson.

Cristiano Ronaldo sempat memperkecil ketertinggalan jadi 5-1, tapi golnya dianulir oleh VAR karena sebelumnya dinilai offside ketika menerima operan Harry Maguire.

Situasi makin buruk buat skuad asuhan Ole Gunnar Solskajer tersebut. Paul Pogba yang baru masuk pada babak kedua diganjar kartu merah karena tekel kerasnya terhadap Keita pada menit 60.

Edinson Cavani, yang masuk menggantikan Bruno Fernandes pada babak kedua, hampir membuat MU memperkecil ketertinggalan. Namun tendangannya pada menit ke-83 membentur mistar gawang. Skor 5-0 bertahan hingga laga usai.

Baca juga : MU Digebuk Liverpool, Maguire: Saya Minta Maaf kepada Fan

Daftar Susuna Pemain

Man United (4-2-3-1)

David De Gea; Aaron Wan-Bissaka, Victor Lindeloef, Harry Maguire, Luke Shaw; Fred, Scott McTominay; Mason Greenwood (Pogba 46', kartu merah 60'), Bruno Fernandes (Cavani 62'), Marcus Rashford (Dalot 62'); Cristiano Ronaldo 

Pelatih: Ole Gunnar Solskjaer 

Liverpool (4-3-3)

Alisson Becker; Andrew Robertson, Virgil van Dijk, Ibrahima Konate, Trent Alexander-Arnold; James Milner (Jones 27'), Jordan Henderson, Naby Keita (Oxlade-Chamberlain 64'); Diogo Jota, Roberto Firmino (Mané 76'), Mohamed Salah 

 

Pelatih: Juergen Klopp

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement