Ahad 24 Oct 2021 16:36 WIB

BRI Siapkan Pendanaan Startup Sektor Pertanian

BRI berupaya memudahkan akses pembiayaan bagi petani

Rep: Novita Intan/ Red: Gita Amanda
ilustrasi sektor pertanian.
Foto: banten.go.id
ilustrasi sektor pertanian.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah menyediakan pendanaan bagi startup dan unicorn karya anak bangsa pada tiga BUMN yakni PT Telkom Indonesia, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, dan BRI Ventures. Salah satu BUMN yang ditunjuk, BRI Ventures.

Sekretaris Perusahaan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Aestika Oryza Gunarto mengatakan perseroan mendukung pengembangan perusahaan rintisan lokal melalui pembiayaan khusus. “Dalam dua tahun terakhir, BRI melalui BRI Ventures telah memberikan investasi kepada belasan perusahaan rintisan (startup) dari berbagai sektor usaha dan seri pendanaan,” ujarnya ketika dihubungi Republika, Ahad (24/10).

Baca Juga

Menurutnya melalui hasil investasi tersebut, telah tercipta beberapa hasil kerja sama strategis yang memberikan dampak langsung kepada BRI semisal kerja sama BRI dengan Tani Hub untuk menyalurkan kredit modal kerja bagi sektor pertanian dan UMKM hingga Rp 200 miliar melalui TaniFund.

Selain itu, telah terjadi juga kolaborasi antara Tani Hub dengan BRI Agro selaku digital attacker BRI yang dikemas dalam program bernama Indonesia Tani. “Tujuan utama dari program ini untuk memudahkan akses pembiayaan bagi petani, mempermudah akses penjualan sarana produksi dan hasil pertanian, dan memperbaiki masalah supply chain industri pertanian dengan pendekatan digital,” ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement