Ahad 24 Oct 2021 05:24 WIB

Nabi Muhammad Menjadi Delegasi Dagang Khadijah

Nabi Muhammad bekerja kepada Khadijah.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Muhammad Hafil
Nabi Muhammad Menjadi Delegasi Dagang Khadijah. Foto: Nabi Muhammad (ilustrasi)
Foto: Republika
Nabi Muhammad Menjadi Delegasi Dagang Khadijah. Foto: Nabi Muhammad (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Setelah dititipkan Abu Thalib pamannya untuk bekerja kepada Khadijah binti Khuwailid janda kaya, Muhammad muda didampingi Maisara mulai bekerja menjajakan dagangannya. Rute pertama yang digunakan sebagai jalur dagang adalah negeri Syam.

"Setelah mendapat nasihat paman-pamannya Muhammad pergi dengan Maisara, budak Khadijah. Dengan mengambil jalan padang pasir kafilah itupun berangkat menuju Syam, dengan melalui Wadi’l-Qura, Madyan dan Diar Thamud serta daerah-daerah yang dulu pernah dilalui Muhammad dengan pamannya Abu Talib tatkala umurnya baru duabelas tahun," tulis Husen Haekal dalam bukunya Sejarah Muhammad.

Baca Juga

Perjalanan sekali ini telah menghidupkan kembali kenangannya tentang perjalanan yang pertama dulu itu. Hal ini menambah dia lebih banyak bermenung, lebih banyak berpikir tentang segala yang pernah dilihat, yang pernah didengar sebelumnya. Juga tentang peribadatan dan kepercayaankepercayaan di Syam atau di pasar-pasar sekeliling Makkah. 

"Setelah sampai di Bushra ia bertemu dengan agama Nasrani Syam," katanya.

 

Ia bicara dengan rahib-rahib dan pendeta-pendeta agama itu, dan seorang rahib Nestoria juga mengajaknya bicara. Barangkali dia atau rahib-rahib lain pernah juga mengajak Muhammad berdebat tentang agama Isa, agama yang waktu itu sudah berpecah-belah menjadi beberapa golongan dan sekte-sekte seperti sudah kita uraikan di atas. 

Dengan kejujuran dan kemampuannya ternyata Muhammad mampu benar memperdagangkan barang-barang Khadijah, dengan cara perdagangan yang lebih banyak menguntungkan daripada yang dilakukan orang lain sebelumnya. Demikian juga dengan karakter yang manis dan perasaannya yang luhur ia dapat menarik kecintaan dan penghormatan Maisara kepadanya. 

Setelah tiba waktunya mereka akan kembali, mereka membeli segala barang dagangan dari Syam yang kira-kira akan disukai oleh Khadijah. Dalam perjalanan kembali kafilah itu singgah di Marr’-z-Zahran. 

Ketika itu Maisara berkata: “Muhammad, cepat-cepatlah kau menemui Khadijah danceritakan pengalamanmu. Dia akan mengerti hal itu.” 

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement