Sabtu 23 Oct 2021 14:36 WIB

Investasi Asing ke China Diperkirakan Lampaui 1 Triliun Yuan

Pemulihan ekonomi yang berkelanjutan dan stabil berdampak positif bagi China.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Fuji Pratiwi
Bendera China. China memperkirakan investasi asing pada 2021 akan lebih dari 1 triliun yuan.
Foto: AP Photo/Kin Cheung
Bendera China. China memperkirakan investasi asing pada 2021 akan lebih dari 1 triliun yuan.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING – Kementerian Perdagangan (MOC) China memperkirakan investasi asing pada 2021 akan lebih dari 1 triliun yuan. Dikutip dari Xinhua Net, Sabtu (23/10), pejabat MOC Zong Changqing mengatakan, investasi asing tersebut dalam dolar AS diperkirakan melebihi 160 miliar dolar AS.

Dengan memuji situasi investasi asing yang lebih baik dari perkiraan sejak awal tahun ini, Zong mengatakan, China masih menghadapi tantangan berat. Mengingat, saat ini pandemi Covid-19 masih terus berkembang, rekonstruksi rantai pasokan industri global, dan faktor nonkeuangan termasuk sejumlah aturan pembatasan.

Baca Juga

Zong juga mengungkapkan adanya pemulihan ekonomi yang berkelanjutan dan stabil akan berdampak positif kepada investasi asing yang masuk ke China. Begitu juga dukungan dari pasar yang sangat besar, kapasitas pendukung industri yang lengkap, sumber daya manusia yang memadai, dan infrastruktur yang baik akan membantu China menarik lebih banyak investasi asing.

MOC juga melakukan survei terbaru kepada lebih dari tiga ribu perusahaan-perusahaan asing utama di China. Dari survei tersebut menunjukkan bahwa 93,3 persen dari perusahaan-perusahaan tersebut optimistis untuk perkembangan masa depan.

Zong mengatakan, dari perusahaan asing utama yang disurvei di China, 99 persen mengatakan tidak memiliki rencana untuk mengurangi investasi. Bahkan 99 persen perusahaan tersebut juga menyatakan tidak akan meninggalkan pasar.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement