Sabtu 23 Oct 2021 10:18 WIB

5 Keistimewaan yang Hanya Dimiliki Rasulullah SAW

Rasulullah SAW miliki keistimewaan yang tidak dimiliki para nabi

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Nashih Nashrullah
Rasulullah SAW miliki keistimewaan yang tidak dimiliki para nabi. Ilustrasi Rasulullah
Foto: Republika/Mardiah
Rasulullah SAW miliki keistimewaan yang tidak dimiliki para nabi. Ilustrasi Rasulullah

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA — Rasulullah SAW adalah sosok yang istimewa. Allah SWT memberikan sejumlah keutamaan yang tidak diberikan kepada para nabi sebelumnya.  

Dalam hadits Muslim meriwayatkan lima perkara yang hanya diberikan kepada Nabi Muhammad SAW. Kelima perkara itu adalah sebagai berikut ini: 

Baca Juga

عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ الْأَنْصَارِيِّ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أُعْطِيتُ خَمْسًا لَمْ يُعْطَهُنَّ أَحَدٌ قَبْلِي كَانَ كُلُّ نَبِيٍّ يُبْعَثُ إِلَى قَوْمِهِ خَاصَّةً وَبُعِثْتُ إِلَى كُلِّ أَحْمَرَ وَأَسْوَدَ وَأُحِلَّتْ لِيَ الْغَنَائِمُ وَلَمْ تُحَلَّ لِأَحَدٍ قَبْلِي وَجُعِلَتْ لِيَ الْأَرْضُ طَيِّبَةً طَهُورًا وَمَسْجِدًا فَأَيُّمَا رَجُلٍ أَدْرَكَتْهُ الصَّلَاةُ صَلَّى حَيْثُ كَانَ وَنُصِرْتُ بِالرُّعْبِ بَيْنَ يَدَيْ مَسِيرَةِ شَهْرٍ وَأُعْطِيتُ الشَّفَاعَةَ

Dari Jabir bin Abdullah Al Anshari dia berkata, “Rasulullah shallallahu'alaihiwasallam bersabda, "Aku diberikan lima perkara yang mana belum pernah diberikan kepada seorang pun sebelumku.  

Pertama, dahulu setiap nabi diutus kepada kaumnya secara khusus, sedangkan aku diutus kepada setiap bangsa merah dan hitam.  

Kedua, ghanimah dihalalkan untukku, namun tidak dihalalkan untuk seorang pun sebelumku.  

Ketiga, dan bumi itu dijadikan untukku dalam keadaan suci dan mensucikan dan (sebagai) masjid juga, maka siapa pun laki-laki yang mana waktu sholat mendapatinya maka dia bisa shalat di mana pun dia berada.  

Keempat, aku ditolong dengan rasa takut (yang merasuk pada musuh di hadapanku) sejauh jarak perjalanan satu bulan. Kelima, aku diberi syafaat'."  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement