Saturday, 20 Syawwal 1443 / 21 May 2022

4 Sungai di Dunia yang Disebut Menyerupai Sungai Surga

Jumat 22 Oct 2021 23:15 WIB

Rep: Rossi Handayani/ Red: Nashih Nashrullah

Terdapat sungai-sungai di dunia yang indah laksana sungai surga. Sungai Nil, salah satu landmark Mesir

Terdapat sungai-sungai di dunia yang indah laksana sungai surga. Sungai Nil, salah satu landmark Mesir

Foto: Daniel Wewengkang/Republika
Terdapat sungai-sungai di dunia yang indah laksana sungai surga

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Di dunia ini terdapat sejumlah sungai besar dengan ukuran panjang yang berbeda. Selama tidak tercemari semua sungai tetap terjaga keindahannya. Dan empat di antara sungai dunia, menyerupai sungai di surga. 

 

Baca Juga

Dikutip dari Mukhtashar Bidayah wan Nihayah dari Ibnu Katsir, disebutkan para ahli ilmu astronomi dan para ahli ilmu gerak membicarakan tentang lautan dan sungai-sungai besar, asal-usulnya, sumber airnya, dan tempat berakhirnya aliran airnya, dengan pembahasan yang sarat dengan hukum-hukum dan argumentasi-argumentasi yang menunjukkan kekuasaan Allah SWT. 

 

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ  رضي الله عنه قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : " فُجِّرَتْ أَرْبَعَةُ أَنْهَارٍ مِنَ الْجَنَّةِ : الْفُرَاتُ ، وَالنِّيلُ ، وَسَيْحَانُ ، وَجَيْحَانُ "

 

Dari Abu Hurairah RA, dia berkata, "Rasulullah ﷺ bersabda, 'Telah dipancarkan empat buah sungai dari surga, yaitu Eufrat, Nil, Saihan dan Jaihan'." (HR. Imam Ahmad) 

 

Sungai Saihan yang terletak di bagian selatan Turki, Asia. Sementara Sungai Jaihan yang terletak diperbatasan antara Turki dan Suriah. 

 

Seakan-akan yang dimaksud adalah, sungai-sungai tersebut menyerupai sungai-sungai yang ada di surga berkaitan dengan kejernihan airnya, rasa airnya (tawar), dan cara mengalirnya.  

 

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA