Jumat 22 Oct 2021 06:00 WIB

Ratu Inggris Menginap Semalam di Rumah Sakit

Ratu mengikuti saran medis untuk beristirahat selama beberapa hari.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Dwi Murdaningsih
Ratu Elizabeth II.
Ratu Elizabeth II.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Ratu Inggris Elizabeth II yang berusia 95 tahun berada di rumah sakit semalaman dan telah kembali pada Kamis (21/10). Istana Buckingham menyatakan pemimpin itu melakukan penyelidikan awal dan kini dalam kondisi yang baik.

Pernyataan tersebut muncul usai Ratu membatalkan perjalanan resmi ke Irlandia Utara pada Rabu (21/10). Istana mengatakan Ratu telah diberitahu untuk beristirahat oleh staf medisnya. Penyakitnya tidak terkait dengan Covid-19.

Baca Juga

"Mengikuti saran medis untuk beristirahat selama beberapa hari, Ratu pergi ke rumah sakit pada Rabu sore untuk beberapa penyelidikan awal, kembali ke Kastil Windsor saat makan siang hari ini, dan tetap dalam semangat yang baik," kata Istana Buckingham dalam sebuah pernyataan.

Sebuah sumber kerajaan mengatakan Ratu telah tinggal di rumah sakit karena alasan praktis dan tim medisnya telah mengambil pendekatan yang hati-hati. Dia kembali ke mejanya untuk bekerja pada Kamis sore dan melakukan beberapa tugas ringan.

Ratu Elizabeth II menghabiskan Selasa (20/10) malam, menjadi tuan rumah resepsi minuman di Kastil Windsor untuk para pemimpin bisnis miliarder seperti Bill Gates. Undangan tersebut setelah mereka bersama Perdana Menteri Boris Johnson mengadakan konferensi investasi hijau menjelang KTT iklim COP26.

Dalam pertemuan tersebut, Ratu tampak dalam keadaan sehat dan tersenyum bahagia saat bertemu dengan para tamu. Kepala negara yang tahun depan merayakan 70 tahun kepemimpinannya dikenal karena kesehatannya yang kuat. Terakhir kali dia diperkirakan menghabiskan malam di rumah sakit pada 2013 ketika menderita gejala gastroenteritis.

Ratu menjalani operasi yang sukses untuk mengobati katarak mata pada 2018 dan menjalani operasi lutut pada 2003. Awal tahun ini, Pangeran Philip, suaminya yang berusia 99 tahun selama lebih dari tujuh dekade, meninggal di Kastil Windsor.

sumber : reuters
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement